Share

10 Bahasa Pertama di Dunia, dari Sansekerta hingga Yunani

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Jum'at 28 Januari 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 65 2538809 10-bahasa-pertama-di-dunia-dari-sansekerta-hingga-yunani-GQRSWn5iGH.jpg Prasasti Ciareuteun yang menggunakan bahasa Sansekerta. (Foto: Kemendikbud)

JAKARTA - Paling tidak ada 10 bahasa pertama di dunia yang digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa-bahasa ini telah berkembang dan melahirkan banyak bahasa lainnya diperkiraan telah ada sejak 10.000 tahun silam.

Namun, kita tidak pernah tahu pasti tepatnya kapan bahasa muncul karena tidak ada seorang pun di masa lalu yang dapat mengkonfirmasi kebenarannya.

Meskipun begitu, para arkeolog di dunia terus berusaha menemukan dan membuktikan kebenaran yang terjadi di masa lalu. Salah satunya yakni menemukan bahasa pertama di dunia yang pernah digunakan manusia.

Dikutip dari laman Mondly, bukti arkeologis saat ini menyatakan bahwa bahasa mati tertua di dunia adalah bahasa Sumeria.

Bahasa Sumeria diperkirakan muncul pada 3500 SM. Saat ini, bukti tertua tulisan Sumeria ditemukan di Irak pada artefak yang dikenal sebagai Kish Tablet. Berdasarkan bukti ini, bahasa Sumeria juga dapat dianggap sebagai bahasa pertama di dunia.

Selain bahasa Sumeria, berikut 10 bahasa pertama di dunia yang pernah digunakan manusia.

1. Bahasa Sansekerta

Bahasa sansekerta adalah bahasa lingua franca India kuno di abad pertengahan yakni sekitar 3.500 tahun lalu dan catatan tertulis hingga kumpulan himne Sansekerta Veda dapat ditemukan di Rgveda.

Bahasa ini terus digunakan sebagai bahasa upacara dan ritual dalam agama Hindu dan Budha.

2. Bahasa Yunani

Bahasa Yunani pertama kali dibuktikan pada 1450 SM sekitar 3.400 tahun silam. Ditemukan di Yunani, Italia Selatan hingga kini jumlah pembicara yang menggunakan bahasa Yunani diperkirakan sebanyak 13 juta.

Bahasa Yunani juga merupakan bahasa yang menyusun banyak karya fundamental dalam bidang astronomi, matematika, logika, dan filsafat seperti dialog Platonis dan karya Aristoteles.

3. Bahasa Cina

Bahasa Cina Kuno adalah tahap bahasa Cina tertua yang terbukti dan nenek moyang dari semua jenis bahasa Cina modern. Contoh paling awal dari bahasa Cina adalah prasasti ramalan pada tulang oracle dari sekitar 1250 SM, selama akhir dinasti Shang.

Bahasa Cina Kuno pertama kali dibuktikan pada 1250 SM yaitu sekitar 3200 tahun lalu. Saat ini diperkirakan sebanyak 1,3 miliar masih menggunakan bahasa Cina.

4. Aram

Selama sekitar 3.100 tahun sejarahnya, bahasa Aram telah berfungsi sebagai bahasa pemujaan, agama, administrasi kerajaan dan sebagai bahasa ibu dari sejumlah orang Semit dari Timur.

Secara historis, bahasa Aram adalah bahasa orang Aram, orang-orang berbahasa Semit dari wilayah antara Levant utara dan lembah Tigris utara. Jumlah orang yang menggunakan bahasa Aram saat ini diperkirakan sebanyak 2 juta.

5. Ibrani

Hal yang menarik tentang bahasa Ibrani yaitu dulunya pada tahun 200 dan 400 Masehi, bahasa ini tidak lagi menjadi bahasa lisan sehari-hari di suatu tempat.

Namun, ketika munculnya Zionisme pada abad ke-19, bahasa Ibrani dihidupkan kembali sebagai bahasa lisan dan sastra, sehingga bahasa ini menjadi bahasa utama komunitas Yahudi dan kemudian Negara Israel.

6. Arab Kuno

Bahasa Arab Kuno adalah bahasa nenek moyang yang diyakini sebagai bahasa kepada tiga dewa kerajaan Kanaan Transyordania yang berasal dari awal milenium 1 SM.

Hingga kini ada 25 negara dan 335 juta orang masih menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi atau bahasa bersama.

7. Farsi

Nenek moyang bahasa Farsi atau Persia adalah Persia Kuno. Bahasa ini pertama kali dibuktikan dalam prasasti Darius I yang memerintah antara tahun 522 dan 486 SM.

Selain itu ada pula Prasasti Behistun yang merupakan prasasti multibahasa yang keberadaannya sangat penting untuk penguraian aksara paku karena mencakup tiga versi teks yang sama, ditulis dalam bahasa Persia Kuno, Elam, dan Babilonia (berbagai bahasa Akkadia).

8. Koptik Mesir

Sekitar abad ke-2 SM, bahasa Mesir mulai ditulis dalam alfabet Koptik (penyesuaian dari alfabet Yunani), sehingga bahasa Koptik dapat dianggap sebagai tahap terakhir dari bahasa Mesir.

Sayangnya, bahasa ini mungkin akan segera punah karena hanya sedikit orang di dunia yang menggunakan bahasa Koptik sebagai bahasa sehari-hari mereka.

9. Gaelik Irlandia

Tulisan-tulisan Gaelik Irlandia paling awal berasal dari abad ke-4 M, dalam bentuk aksara Ogham linier, dalam tahap bahasa yang dikenal sebagai Irlandia Primitif. Kemudian, Irlandia Primitif beralih ke Irlandia Kuno melalui abad ke-5.

Selama waktu ini, bahasa Irlandia menyerap beberapa kata Latin dan pada abad ke-10, ia berkembang sekali lagi menjadi Irlandia Tengah, yang diucapkan di seluruh Irlandia dan di Skotlandia dan Pulau Man.

10. Bahasa Tamil

Bahasa Tamil merupakan bahasa non-Sanskerta tertua di India sejak 300 SM silam, yang ditemukan di gua hingga tembikar.

Tulisan Tamil paling awal dibuktikan dalam prasasti dan pecahan tembikar dari abad ke-5 SM. Namun, dengan ditemukannya Tolkāppiyam yakni teks tata bahasa Tamil paling kuno dan karya sastra Tamil tertua yang masih ada, para ahli mulai memperdebatkan usia sebenarnya dari bahasa Tamil.

Sayangnya, saat ini tidak ada bukti arkeologis yang mendukung klaim ini, sehingga para ahli tetap berpegang pada temuan asli.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini