Share

Ciptakan Proyektor Mini Sederhana dari Kardus Bekas

Vanni Firdaus Yuliandi, Okezone · Senin 15 Oktober 2018 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 15 65 1964221 ciptakan-proyektor-mini-sederhana-dari-kardus-bekas-LzabUpq13o.jpg Karya Mahasiswa UNY (Foto: Website UNY)

YOGYAKARTA – Proyektor adalah produk teknologi yang menerapkan teori optik dalam pembentukan bayangan. Proyektor berfungsi memperbesar ukuran benda semula sehingga dapat terproyeksikan oleh indra mata manusia menjadi lebih jelas. Namun berdasarkan kesesuaian dengan kecanggihan proyektor juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu diupayakan untuk membuat alat optik yang memiliki fungsi seperti proyektor tetapi dengan biaya yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Ada Alat Terapi Otot bagi Penderita Stroke Buatan Mahasiswa UNY, Berminat?

Maka dari itu mahasiswa KKN UNY kelompok 118 membuat program kerja untuk mengadakan kegiatan sosialisasi pembuatan proyektor mini sederhana berbahan dasar kardus di Dusun Puyang Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan alat menyerupai proyektor adalah kaca pembesar atau sering disebut dengan lup. Hasil percobaan ini nantinya dapat digunakan untuk melihat suatu gambar menjadi lebih jelas karena gambar tersebut akan diperbesar dari ukuran semula oleh kaca pembesar. Bahan secara keseluruhan adalah kardus,kaca pembesar dan sumber cahaya.

kampus

Salah satu mahasiswa dari kelompok KKN 118 Surya Prihanto (Prodi Fisika 2015) mengatakan program kerja ini terdiri dari sosialisasi berupa pembuatan modul yang berisi dasar teori, alat bahan, langkah pembuatan, cara kerja serta kebermanfaatan dari alat ini.

“Sosialisasi proyektor mini sederhana sudah dilaksanakan 2 kali pertemuan yakni di RT 21 Dukuh Puyang dan RT 19 Dukuh Puyang yang dihadiri bapak ibu beserta pemuda Dusun Puyang. Sementara pembuatan proyektor sebagai protipe sosialisasi dilakukan oleh mahasiswa KKN UNY 118 Tahun 2018 bertempat di Posko KKN,”ucapnya yang dikutip Okezone dari laman UNY, Senin (15/10/2018).

Baca Juga: 3 Mahasiswa UNY Ciptakan Robot yang Bisa Cek Rel KA

Sebelum dilaksanakannya sosialisasi proyektor, lanjut Surya ada tahap akhir yang dilakukannya yaitu adalah menguji alat berupa mencari titik fokus bayangan dengan cara menggeser maju mundur smarthphoe sampai mendapatkan bentuk bayangan benda yang jelas, sehingga bisa terbaca apa yang tertulis di layar proyektor.

kampus

Lebih lanjut Surya menjelaskan dalam proyektor mini ini sumber cahaya yang digunakan adalah dengan smartphone. Proyektor ini mampu menghasilkan 2-3 kali perbesaran dari ukuran gambar semula.

“Kelebihan dari proyektor ini adalah desain yang simpel, hemat energi (hanya menggunakan smartphone), memanfaatkan kembali kardus bekas, serta langkah pembuatan dan biayanya cukup memasyarakat,” pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini