Share

5 Tips Mengelola Uang Bulanan Ala Mahasiswa Agar Tidak Menjadi Boros

Serviana Simamora, Presma · Kamis 18 Agustus 2022 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 65 2650096 5-tips-mengelola-uang-bulanan-ala-mahasiswa-agar-tidak-menjadi-boros-sejNSVFCbq.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Kebutuhan sehari-hari pasti terus meningkat, banyak hal yang harus dibeli dan dibayar dengan begitu pasti akan menambah jumlah pengeluaran.

Hal ini tentu seringkali dialami oleh para mahasiswa, dengan begitu mengelola keuangan menjadi hal yang wajib, apalagi bagi kamu yang menjadi anak kos dan jauh dari orangtua harus benar-benar dikelola dengan baik.

Karena jika tidak, kamu akan terjebak dalam berbagai macam kesulitan dengan berbagai macam pengeluaran ke depannya.

Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan untuk para anak kuliahan? Apakah para mahasiswa perlu menabung untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari?

Semua itu penting dan harus dilakukan. Sebab, pada saat inilah kamu dituntut untuk bertanggungjawab atas diri sendiri, mulai dari mengatur waktu hingga mengelola finansial.

Yuk, simak tips mengelola keuangan yang baik untuk mahasiswa di bawah ini.

1. Mulai rajin menabung

Rajin menabung merupakan hal penting yang kelak dapat memberikan manfaat dikemudian hari. Sebagai mahasiswa, kamu harus memiliki prioritas dalam membeli kebutuhan hidup sehari hari.

Menabung secara konsisten dapat berfungsi sebagai ladang investasi kecil kecilan.

Maksudnya, kamu tidak perlu khawatir untuk membeli kebutuhan kuliah seperti buku dan barang-barang kebutuhan dalam pembuatan tugas kuliah sebagai mahasiswaapabila sudah memiliki simpanan.

Hindari nongkrong-nongkrong terlalu sering, karena hal tersebut bisa menguras pengeluaran kalian.

2. Memanfaatkan sumber pemasukan

Sebagai mahasiswa, kamu harus dapat memanfaatkan kesempatan sebagai sumber pemasukan sehari hari.

Banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menambah pemasukan, salah satunya dengan menekuni pekerjaan paruh waktu atau pekerja lepas.

Mencari pekerjaan sampingan seperti freelance atau kerja part time memiliki waktu yang fleksibel bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Pastikan Belanja sesuai kebutuhan saja

Seringakali lapar mata saat berbelanja menjadi penyebab utama pengeluaran yang bengkak.

Lalu untuk menghindarinya, usahakan kamu mencatat berbagai jenis kebutuhan sebelum membelinya.

Dengan memiliki list belanjaan, maka kamu akan terfokus pada barang-barang yang akan kamu butuhkan saja.

4. Selalu jaga kesehatan pola makan

Jika kamu termasuk mahasiswa yang tinggal di kos-kosan sangat penting buat kamu untuk jaga kesehatan dan jaga pola makan.

Selain tidak ada yang bisa merawat dan mengurus kamu saat sedang sakit, tugas-tugas dan kegiatan kuliah kamu pun akan terbengkalai nantinya. 

Belum lagi kamu harus periksa ke dokter dengan biaya yang tidak murah. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan itu terjadi, ada baiknya kamu jaga kesehatan dengan selalu memperhatikan pola makan dan tidak jajan sembarangan.

Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga minimal seminggu tiga kali agar badan selalu sehat dan fit.

5. Catat semua biaya pengeluaran

Setelah semua pemasukan termasuk uang saku yang kamu gunakan, jangan lupa untuk mencatat setiap biaya pengeluaran selama jangka waktu sebulan.

Jika kamu ngekos utamakan membayar sewa kos dicatat sebagai pengeluaran prioritas, uang transport, uang makan, dan lain-lainnya.

Nah, itu adalah beberapa tips mengelola uang bulanan untuk para mahasiswa. Yuk, mulai sekarang berlatih untuk mengatur keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran yang rutin kamu gunakan setiap bulannya.

Agar kondisi keuanganmu tetap sehat dan tidak meminta uang saku tambahan pada orangtua.

Serviana Simamora
Persma Ketik Polimedia
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

Serviana Simamora

Persma Ketik Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini