Share

4 Jurusan Kuliah yang Pertama-tama Ada di Indonesia, Ilmu Kedokteran hingga Ekonomi

Stefani Ira Pratiwi, Litbang Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 65 2649868 4-jurusan-kuliah-yang-pertama-tama-ada-di-indonesia-ilmu-kedokteran-hingga-ekonomi-BQi6fknORe.jpg 5 jurusan yang pertama-tama ada di Indonesia/Freepik

JAKARTA - Memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan dan cita-cita bukanlah perkara yang mudah. Sebelum melakukan pendaftaran, calon mahasiswa biasanya mengumpulkan informasi yang dapat membantu dirinya untuk menentukan pilihan yang tepat.

Menarik pula untuk mengetahui mengenai beberapa jurusan yang cukup tua dan yang pertama-tama ada di Indonesia.

Jurusan-jurusan ini dapat dipertimbangkan sebagai pilihan calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya.

Berikut beberapa jurusan yang pertama-tama ada di Indonesia.

1. Ilmu Kedokteran

Jurusan ilmu kedokteran sudah diselenggarakan sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Pada masa itu, jurusan ini tersedia di dalam sekolah yang dikenal sebagai School of Medicine for Indigenous Doctors (STOVIA).

Perguruan tersebut mengalami perkembangan hingga kini dan saat ini perguruan tinggi itu dikenal sebagai Universitas Indonesia.

Saat ini, jurusan ilmu kedokteran merupakan jurusan yang cukup banyak diminati calon mahasiswa. Selain itu, jurusan ini merupakan jurusan yang menempuh waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Seorang mahasiswa jurusan ilmu kedokteran akan dituntun untuk mendalami mengenai anatomi tubuh manusia, biologi sel dan molekuler, genetika, biokimia, dan juga akan mempelajari tentang farmakologi.

 

2. Teknik

Jurusan teknik dapat dikatakan sebagai jurusan yang sudah sejak lama diselenggarakan di Indonesia.

Mulanya jurusan ini tersedia di sebuah perguruan tinggi bernama de Technische Hogeschool te Bandung, saat ini perguruan tinggi tersebut dikenal sebagai Institut Teknologi Bandung.

Jurusan teknik akan menghasilkan seorang insinyur sesuai dengan bidang keahliannya. Jurusan ini terbagi lagi menjadi berbagai macam sesuai konsentrasi bidangnya. Di Indonesia, jurusan teknik merupakan jurusan yang diminati banyak calon mahasiswa.

3. Ilmu Pertanian

Sama seperti jurusan teknik, jurusan ilmu pertanian memiliki macam-macam konsentrasi bidang.

Di antaranya adalah agroteknologi, teknik pertanian, proteksi tanaman, agribisnis, ilmu dan teknologi pangan, teknologi industri pertanian, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, jurusan ini termasuk sebagai jurusan yang diselenggarakan di Indonesia sejak lama.

Hal ini ditandai dengan berdirinya perguruan tinggi IPB sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia.

4. Ekonomi

Jurusan selanjutnya adalah ekonomi. Jurusan ekonomi termasuk juga sebagai jurusan yang terselenggara sejak lama di Indonesia.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mendalami pengetahuan mengenai cara pengalokasian sumber daya terbatas untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Seorang lulusan dari jurusan ekonomi akan memiliki kemampuan lebih dalam melakukan observasi atas masalah sosial ekonomi.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan didorong untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan belajar bidang keilmuan ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini