Share

5 Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Kecantikan yang Menghasilkan Cuan!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 624 2645909 5-peluang-kerja-lulusan-smk-jurusan-kecantikan-yang-menghasilkan-cuan-7B5oAgQUGN.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - 5 Peluang kerja lulusan SMK jurusan kecantikan yang menghasilkan cuan!.Siswa Sekolah Menengah Kejuran (SMK) menjanjikan untuk langsung mendapat kerja saat lulus. Pasalnya banyak keahlian yang diajarkan seperti akuntansi, farmasi, teknik logistik hingga administrasi perkantoran termasuk jurusan kecantikan

Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR) termasuk salah satu jurusan pilihan bagi para siswi SMP yang akan melanjutkan ke jenjang Kejuruan.

Tak jarang jurusan ini dipandang sebelah mata sebab hanya dianggap bermain dengan make up. Memang hal itu benar adanya, namun, di dalamnya lebih dari itu. Bahkan jurusan TKKR ini diketahui dapat menghasilkan cuan hingga jutaan.

Mengutip dari laman resmi Vokasi Kemendikbud, terdapat 5 peluang kerja lulusan SMK jurusan kecantikan yang menghasilkan cuan.

1.Ahli Kecantikan

Ahli kecantikan atau beautician menjadi profesi yang banyak dibutuhkan di salon, SPA, atau klinik kecantikan. Seorang beautician bertanggung jawab memberikan layanan kecantikan kepada kliennya yang dapat membuat mereka merasa lebih percaya diri. Jenis-jenis perawatan yang dilakukan oleh beautician adalah facial, hair removal, manicure, pedicure, dan aplikasi segala macam produk kecantikan.

2. Beauty Blogger atau Vlogger

Dengan adanya beauty vlogger, seseorang dengan mudah melihat video tutorial dan berbagai macam makeup andalan yang direview oleh beauty vlogger. Beauty vlogger merupakan salah satu profesi yang menjanjikan pastinya. Dari segi ketenaran dan segi penghasilan tentunya dari produk kecantikan yang mereka review.

Para beauty blogger atau vlogger ini kerap mendapatkan penghasilan dari ulasan produk atau biaya endorse dari brand-brand kosmetik yang menjadi klien mereka.

3. Make Up Artist (MUA)

Karier di bidang tata rias atau makeup artist (MUA) kian diminati masyarakat. Hal ini tak terlepas dari kemajuan teknologi yang membuat masyarakat mengakses informasi apapun melalui telepon genggamnya.

Dari Indonesia sendiri, sudah banyak MUA kondang yang bahkan go internasional. Sebut saja Ryan Ogilvy yang kerap merias Chelsea Islan hingga Raisa. Sementara itu, MUA yang sudah menjelajah ke dunia internasional adalah Bubah Alfian

4. Hair Stylist

Hair stylist atau dikenal juga sebagai hairdresser, bertanggung jawab memberikan perawatan rambut kepada klien. Jenis-jenis perawatan rambut yang dilakukan oleh hair stylist adalah potong rambut, styling, coloring, hair scalp, keratin treatment, detox treatment, dan lain sebagainya. Seorang hair stylist harus bisa menggunakan sejumlah peralatan salon yang memudahkan pekerjaannya. Sejatinya, semua kecakapan tersebut sudah dibekali saat mereka menempuh pendidikan di SMK jurusan TKKR ini.

5. Beauty Therapist

Kini salon dan SPA menjadi lapangan pekerja baru bagi lulusan SMK Jurusan Kecantikan untuk menempati posisi sebagai beauty therapist atau terapis kecantikan. Seorang terapis kecantikan bertanggung jawab melakukan berbagai jenis perawatan kecantikan. Para terapis kecantikan ini juga dapat mengambil spesialisasi tertentu, seperti massage, waxing, atau facial.

Demikian 5 peluang kerja lulusan SMK jurusan kecantikan yang menghasilkan banyak cuan, yang wajib diketahui sebagai referensi peluang kerja.

(RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini