Share

Cara Memilih Jurusan Kuliah, Supaya Tidak Salah Jurusan !

Selasa 29 Maret 2022 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 65 2569506 cara-memilih-jurusan-kuliah-supaya-tidak-salah-jurusan-iH2VQDcBV6.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jika kamu berencana berkuliah setelah lulus SMA, mungkin kamu bingung bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat, bukan? Pasalnya, ada banyak perguruan tinggi di luar sana. Selain itu, jurusan yang ditawarkan pun beragam.

Sebagian orang tidak bingung saat harus memilih jurusan kuliah. Saat ditanya, “Mau kuliah di mana?”, “Mau ambil jurusan apa?”, “Lulusan jurusan ini biasanya kerjanya jadi apa ya?” mereka mungkin bisa langsung menjelaskan secara gamblang.

Barangkali mereka adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang tertentu. Misalnya, ada yang sedari kecil sudah tertarik dengan dunia musik. Atau para pemilik bisnis yang sudah terpikir mau mengambil jurusan kuliah yang berkaitan dengan hal tersebut.

Apakah kamu juga tidak bingung saat ditanya mau mengambil jurusan apa? Atau kamu justru ada di tim bingung nih? Kalau kamu sedang galau karena belum tahu harus mengambil jurusan apa, maka kamu tidak perlu cemas.

Kamu tidak sendirian. Ada banyak orang yang merasa bingung ketika harus memilih jurusan kuliah. Bahkan, tidak jarang mereka ragu dengan pilihan yang sudah dibuat sehingga mengganti dengan jurusan lain.

Kamu bisa mencoba menerapkan cara memilih jurusan kuliah yang tepat bersama aku, Restu, Blog Writer dari Satu Persen. Harapannya, kamu bisa menemukan jurusan yang paling cocok untuk kamu dan tidak perlu merasa salah jurusan saat sudah berkuliah nanti.

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Apa saja hal-hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih jurusan kuliah? Berikut ini beberapa hal yang harus kamu tanyakan kepada diri sendiri dan pikirkan baik-baik ketika memilih jurusan kuliah.

Apakah kamu memiliki suatu keunggulan dalam kemampuan akademik tertentu?

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah bertanya pada diri sendiri mengenai keunggulan tertentu yang kamu miliki dalam hal akademik. Coba ingat-ingat lagi pengalamanmu dalam memecahkan soal saat ujian.

Barangkali kamu cepat sekali dalam mengerjakan soal saat ujian matematika tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama saat mengerjakan soal mata pelajaran lain. Atau mungkin gurumu pernah memujimu karena mampu membacakan teks berita dengan baik dan benar saat pelajaran bahasa Indonesia.

Apakah kemampuan akademik tersebut berkaitan dengan jurusan kuliah yang kamu inginkan?

Nah, mungkin kamu pun pernah membayangkan ketika mengambil suatu jurusan. Namun, kamu masih ragu apakah harus memilih jurusan itu atau tidak. Padahal kamu cukup menikmati proses pembelajaran terkait jurusan tersebut.

Di sinilah, kamu bisa menanyakan pada diri sendiri apakah skill-mu ini masih relevan dengan jurusan yang kamu inginkan atau tidak. Jadi, coba kamu ingat-ingat lagi kira-kira skill akademik apa yang kamu miliki?

Apa yang kamu minati?

Saat kamu mempelajari hal-hal yang disukai, kamu akan cenderung lebih mudah merasa bahagia saat menjalani perkuliahan. Ditambah kamu bakal jadi termotivasi untuk mengerjakan sesuatu dan membangun koneksi dengan orang-orang yang ahli di industri tersebut. Hal ini tentu bisa sangat membantu kariermu di masa depan.

Selain itu, coba perhatikan juga bidang jurusan yang mendorong rasa ketertarikanmu. Ada kemungkinan jurusan kuliah ini bisa membuatmu merasa semangat untuk belajar terus. Namun, jangan lupa juga untuk melakukan banyak riset dan mengumpulkan informasi demi memastikan jurusan yang terpilih memiliki prospek kerja yang bagus.

Apakah kamu lebih suka membayangkan diri sendiri bekerja di kantor atau di lapangan?

Pekerjaan kantoran dan lapangan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat memilih jurusan kuliah, kamu juga harus melihat jauh ke depan.

Jika kamu lebih suka bekerja di lapangan, maka pilih jurusan kuliah yang memungkinkan kamu bekerja di lapangan. Jangan sampai kamu akhirnya terpaksa memilih jurusan dengan prospek pekerjaan yang mewajibkan diri sendiri berada di kantor setiap hari.

Menurutmu, apa arti kesuksesan?

Cara memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan mengartikan kesuksesan ala diri sendiri. Realita di lapangan membuktikan bahwa kesempatan kerja bagi lulusan perguruan tinggi memang lebih lebar. Akan tetapi, tiap orang memiliki jalannya masing-masing, ya.

Jadi, coba renungkan lagi apa saja yang membuatmu merasa sukses? Misalnya kamu memandang kesuksesan saat memiliki pekerjaan bagus dengan gaji tinggi. Maka, kamu bisa mencari tahu jurusan kuliah yang berpotensi memberikan penghasilan tinggi.

Pada intinya, cara memilih jurusan kuliah adalah mengenal diri sendiri lebih dalam untuk bisa memilih jurusan kuliah yang tepat. Kenali kelebihan dan kekurangan dirimu.

Kalau kamu masih ragu atau kebingungan menemukan cara memilih jurusan kuliah yang cocok , well aku menyarankan untuk bertemu dengan seseorang yang ahli di bidangnya. Kamu juga bisa berdiskusi dengan orang tua atau meminta pendapat orang yang bisa dipercaya. Semoga kamu semakin mengenal diri sendiri sehingga bisa memilih jurusan kuliah yang tepat, ya! (Restu Lestari Wulan Utami) 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini