Share

Universitas di Arab Saudi yang Jadi Favorit Mahasiswa Indonesia, Apa Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 26 Maret 2022 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 65 2566436 universitas-di-arab-saudi-yang-jadi-favorit-mahasiswa-indonesia-apa-saja-fghZOZSnMi.jpg Ilustrasi King Abdulaziz University. (Foto: SPA/Arabnews)

JAKARTA - Arab Saudi menjadi negara tujuan favorit pelajar Indonesia untuk studi di mancanegara menurut World Education News + Review,. Pada tahun 2017, ada sekitar 1.806 orang yang melanjutkan pendidikan ke Arab Saudi. Sejumlah tokoh penting di Indonesia juga menjadi lulusan dari universitas di negara itu.

Berikut ini adalah beberapa universitas di Arab Saudi yang menjadi favorit pelajar Indonesia.

• King AbdulAziz University

Universitas ini didirikan pada tahun 1967 di Jeddah, tepatnya berlokasi di tepi Laut Merah. Namanya didedikasikan untuk nama pendiri Arab Saudi, Raja Abdul Aziz Al-Saud. Universitas yang biasa disingkat sebagai KAU ini menduduki peringkat ke-44 sebagai Universitas Terbaik di Dunia versi USNews dan universitas nomor 1 terbaik di Arab Saudi sendiri.

Sejak tahun 1973, KAU bergabung dengan sistem universitas negeri, sehingga menjadi pelopor dari banyak akademik dan pengembangan pendidikan tinggi di negara tersebut. KAU diakui sebagai universitas kelas dunia dan bekerja sama dengan banyak institusi internasional.

Salah satu tokoh Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di KAU adalah Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, M.A, mantan Ketua Nahdlatul Ulama yang mengambil jurusan Ushuludiin dan Dakwah untuk gelar sarjananya. Adapun falkutas di KUA terdiri dari akuntasi dan keuangan, ilmu murni terapan, rekayasa, kedokteran, humaniora, hukum, dan masih banyak lagi. KUA menyediakan beasiswa bagi pelajar Indonesia untuk jenjang S2 dan S3.

Follow Berita Okezone di Google News

• King Saud University

Universitas ini merupakan universitas pertama yang berdiri di Arab Saudi di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi. Didirikan pada tahun 1957, King Saud University menjadi institusi favorit bagi elite politik, bisnis, hingga keluarga kerajaan di Arab Saudi. Universitas ini menjadi yang terbesar, memiliki 18 perpustakaan, dua rumah sakit, dan masjid.

Selain itu, biaya perkuliahannya juga gratis dan diberikan juga beasiswa bagi pelajar lokal maupun mancanegara. Bahasa pengantar yang digunakan di KSU adalah bahasa Arab. Karena itu, mahasiswa asing harus lulus ujian kecakapan bahasa Arab terlebih dahulu. Adapun jurusan yang tersedia adalah teknik, pendidikan, pariwisata, bahasa dan terjemahan, kedokteran, dan masih banyak lagi.

• King Fahd University of Petroleum and Minerals

King Fahd University of Petroleum and Minerals, biasa disebut KFUPM atau UPM, didirikan pada 9 Februari 1965/8 Syawwal 1384. Tadinya nama universitas ini adalah Universitas Minyak Bumi dan Mineral, lalu setelah kunjungan Raja Fahd bin Abdul Aziz, akhirnya namanya diubah untuk didedikasikan kepada sang Raja Saudi itu.

KFUPM berada di peringkat 163 di dunia. Universitas yang berada di Dhahran ini fokus pada program sains, teknik, serta bisnis dan manajemen. Fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa adalah asrama, bus, fasilitas olahraga, kantin mahasiswa murah, pengobatan medis gratis, hingga mal. Mahasiwa juga diberikan uang saku bulanan yang jumlahnya meningkat sesuai jenjang yang diambil.

Bagi pelajar Indonesia, KFUPM memberikan prioritas berupa liburan dan kesempatan untuk umrah dan naik haji. Fakultas yang ada di KFUPM adalah seni dan humaniora, ilmu sosial, teknik, ilmu komputer, dan bisnis ekonomi.

Dilansir dari berbagai sumber:

Alifia Nur Faiza/Litbang MPI

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini