Share

7 Tips Hindari Stres saat Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Tahu!

Agregasi Satupersen, · Sabtu 29 Januari 2022 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 65 2539727 7-tips-hindari-stres-saat-skripsi-mahasiswa-tingkat-akhir-wajib-tahu-RQyQZJdKqv.jpg ilustrasi skripsi: Foto Freepik

BERJUANG dengan skripsi memang bukan hal yang mudah. Ada kalanya kamu merasa lelah, malas, atau mungkin stres. Barangkali saat ini kamu menghadapi beragam masalah yang membuat skripsimu tertunda. Misalnya, dosen pembimbing yang sulit ditemui, penelitian tertunda, topik berkali-kali ditolak dosen pembimbing, ngga ada dana penelitian, sulit membagi waktu, dan sebagainya.

(Baca juga: Mantap! Mahasiswa-Mahasiswa Ini Lulus Kuliah Tanpa Skripsi)

Tentu, ini seakan membebankan pikiran, ya. Apalagi ketika kamu melihat banyak teman yang udah lulus, udah kerja, atau malah udah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Kamu mulai ngga nyaman saat kerabat atau tetangga bertanya, โ€œKapan lulus?โ€, โ€œSkripsinya sampai mana?โ€, โ€œSi A udah dapat kerja di sana loh.โ€

Saat mengerjakan skripsi, jangan sampai kamu stres berlarut-larut ya. Stres yang terjadi dalam jangka panjang ngga baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Oleh karena itu, aku akan memberi tahu kamu tips hindari stres saat skripsi. So, baca terus sampai akhir artikel ya.

Penyebab Stres saat Skripsi

Kamu merasa stres saat skripsi karena kamu merasa bahwa skripsi yang harus kamu kerjakan sangat sulit. Kesulitan yang kamu rasakan bisa jadi disebabkan oleh hal-hal berikut:

โ— referensi yang kamu gunakan terlalu sedikit

โ— topik penelitian terlalu sulit

โ— selalu mendapatkan feedback yang buruk dari dosen pembimbing

โ— hasil penelitian ternyata ngga mendukung skripsimu

โ— ada banyak kendala yang menghambat penelitianmu sehingga skripsimu ngga ada kemajuan

โ— kamu ngga tahu cara menulis skripsi dengan baik dan benar

ย (Baca juga: Wajib Tahu! Ini 4 Tips Agar Skripsi Selesai Tepat Waktu)

Tanda-tanda Stres Saat Skripsi

Beberapa hal di atas bisa menyebabkan kamu merasa skripsimu terlalu sulit untuk kamu kerjakan sehingga kamu merasa stres. Seorang mahasiswa yang mengalami stres saat mengerjakan skripsi biasanya mengalami hal-hal berikut:

โ— merasa sedih tanpa sebab

โ— merasa lelah dan ngga bisa menggunakan potensi dalam diri secara maksimal

โ— ngga berminat melanjutkan skripsi

โ— sering murung dan selalu berpikiran negatif bahwa dia ngga akan bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu

โ— kehilangan kesabaran dan mudah marah

โ— ngga bisa tidur dengan nyenyak

โ— saat bangun di pagi hari, tubuh terasa lelah seperti rasa lelah saat hendak tidur di malam hari

7 Tips Hindari Stres saat Skripsi

Jika kamu mengalami tanda-tanda stres skripsi di atas, maka kamu harus menerapkan tips hindari skripsi saat stres berikut ini:

1. Buat jadwal untuk mengerjakan skripsi dan istirahat (beserta durasinya)

Tips hindari stres saat skripsi yang pertama adalah dengan membuat jadwal. Ada kemungkinan kamu akan merasa terbebani jika harus mengerjakan skripsi dalam jangka waktu yang lama, misalnya berbulan-bulan. Supaya terasa ringan, akan lebih baik jika kamu membuat jadwal sebelum mulai mengerjakan skripsi.

Dalam jadwal tersebut, tetapkan durasi pengerjaan skripsi beserta durasi istirahat. Sebagai contoh, kamu menjadwalkan penulisan skripsi selama 45 menit kemudian beristirahat selama 15 menit. Ulangi sampai tiba waktu untuk makan siang. Apabila masih belum selesai, kamu bisa lanjut mengerjakan skripsimu keesokan harinya.

2. Atur goals yang spesifik

Jika kamu berpikir bahwa kamu harus mengerjakan semua bagian skripsimu dalam satu hari, pasti kamu akan mudah merasa stres. Akan lebih baik jika kamu mencicil sedikit demi sedikit. Makanya, tips hindari stres saat skripsi selanjutnya adalah atur goals yang spesifik.

Misalnya, hari ini kamu memutuskan mengumpulkan dan membaca referensi. Keesokan harinya, kamu mengerjakan latar belakang penelitian.

Selain itu, kamu juga bisa menargetkan pengerjaan per bab. Contohnya, kamu menargetkan pengerjaan Bab I dan Bab II pada bulan pertama penelitianmu. Sementara pengerjaan Bab III dan Bab IV kamu lakukan pada bulan kedua dan ketiga. Dengan cara ini, mengerjakan skripsi ngga akan terasa berat.

3. Mulai kerjakan dulu

Baru menulis beberapa kalimat langsung dihapus karena merasa kalimatnya jelek. Begitu terus sehingga skripsi kamu ngga ada progress. Apakah kamu pernah mengalami hal ini?

Kalau kamu mengharapkan hasil yang sempurna, skripsimu ngga akan pernah selesai. Supaya skripsimu lekas selesai, tips hindari stres saat skripsi yang perlu dilakukan adalah mulai menulis. Tulis aja dulu dengan free style (gaya bebas) kamu. Tulis semua yang sedang terlintas di pikiranmu.

Jangan membaca atau mengoreksi saat kamu sedang menulis karena nantinya bisa menghambat prosesmu dalam menulis skripsi. Baca tulisanmu saat kamu sudah selesai menulis. Setelah itu, barulah perbaiki jika ada kata yang kurang pas, kalimat yang terasa aneh, ejaan yang salah, atau tanda baca yang keliru.

4. Ambil jeda istirahat dan lakukan hal-hal yang kamu suka

Kamu mungkin tipe orang yang memberikan 100% waktu dan usahamu untuk mengerjakan skripsi supaya cepat lulus. Namun, kamu akan lebih cepat merasa stres jika berkutat dengan skripsimu terus-menerus.

Tips hindari stres saat skripsi yang harus kamu terapkan adalah mengambil jeda istirahat. Misalnya, berhenti untuk makan makanan yang bergizi, melakukan olahraga, dan berkumpul bersama orang-orang tersayang. Dengan melakukan hal yang kamu nikmati, otak akan merilis hormon bahagia yang disebut endorfin sehingga kamu jadi lebih semangat dan produktif saat mengerjakan skripsi.

Baca juga: Olahraga: Cara Ampuh Menghilangkan Stres

5. Jangan lupa menyiapkan cadangan data

Pastikan semua hal yang berkaitan dengan skripsimu terorganisasi dengan baik. Tips hindari stres saat skripsi yang satu ini wajib banget kamu lakukan. Ngga sedikit orang yang kehilangan file skripsi pada saat deadline pengumpulan laporan skripsi udah dekat.

Supaya kamu ngga mengalami hal ini, lakukan back up setiap kali kamu mengejakan skripsi. Ditambah kamu juga bisa membuat folder yang rapi khusus menyimpan file-file yang berkaitan dengan skripsi. Catat, dokumentasikan, dan simpan dengan baik dengan baik semua saran dari dosen pembimbing, hasil survei, dan paper acuan yang kamu gunakan untuk penelitian skripsi.

6. Ciptakan tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi

Sebagian orang mungkin lebih suka mengerjakan skripsi di ruangan yang sepi dan menenangkan. Sebagian yang lainnya justru lebih produktif saat mengerjakan skripsi dengan iringan musik atau tambahan aroma lilin aromaterapi.

Nah, hanya kamu sendiri yang paling tahu tempat yang paling nyaman untuk mengerjakan skripsi. Jadi, usahakan mengerjakan skripsimu di ruangan yang nyaman. Alhasil, konsentrasi ngga akan terganggu, deh. Wah, semoga tips hindari stres saat skripsi yang satu ini bermanfaat, ya.

7. Miliki pikiran yang positif

Tips hindari stres saat skripsi lainnya adalah memiliki pemikiran yang positif dan optimis. Buang jauh-jauh pemikiran bahwa kamu ngga akan pernah bisa menyelesaikan skripsi. Tenang, rileks dan percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melalui semua ini.

Jangan memikirkan skenario terburuk berkaitan dengan skripsimu. Kamu pasti menyelesaikan skripsimu tepat waktu sesuai dengan rencana yang kamu buat.

Jika kamu merasa stres, aku menyarankan kamu untuk menonton video Youtube Satu Persen berikut ini supaya kamu bisa mengurangi stres menurut ilmu psikologi. Kalo kamu perlu bimbingan tambahan, boleh banget ikut mentoring online bareng Satu Persen. Nanti kamu juga bisa dapat resources seperti worksheet atau tes kepribadian yang mampu memaksimalkan solusimu.

Skripsi ngga perlu ditakuti. Kamu akan belajar banyak hal selama mengerjakan skripsi; berpikir kritis, mengomunikasikan hasil penelitian secara ilmiah, mengatur waktu, hingga menjaga kesehatan mental. So, nikmati prosesnya ya. Aku Restu, pamit undur diri. Selamat menjalani #HidupSepenuhnya.

ย Restu Lestari Wulan Utami

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini