Mengetahui Pekerjaan Utama Ahli Biologi Kelautan

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Jum'at 02 Januari 2015 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 02 65 1087127 mengetahui-pekerjaan-utama-ahli-biologi-kelautan-dg5zCdcVfQ.jpg Mengetahui Pekerjaan Utama Ahli Biologi Kelautan (Foto: dok. Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Sejak duduk di bangku SMP, para siswa sudah mulai dihadapkan dengan mata pelajaran biologi. Namun, masih jarang yang bercita-cita menjadi ahli biologi, termasuk biologi laut. Padahal, ahli biologi kelautan merupakan salah satu profesi yang menarik, karena mempelajari dan meneliti secara fakta dalam ilmu pengetahuan, khususnya laut.

Salah satu tugas penting dari ahli biologi kelautan adalah mempelajari organisme yang berbeda yang tinggal di lautan, air payau, dan muara. Bidang biologi kelautan sangat luas, seperti mengumpulkan sampel tumbuhan dan hewan dari lautan.

Lantas, apa sebenarnya pekerjaan ahli biologi kelautan itu? Yuk, kita simak deskripsi tugas dan informasi ahli di bidang biologi kelautan, seperti dilansir dari Science Kids, Jumat (2/1/2015).

- Ahli biologi kelautan mempelajari hal-hal yang hidup di laut.

- Biologi kelautan meliputi segala sesuatu dari organisme kecil, seperti plankton dan ikan paus yang sangat besar.

- Subjek penting untuk biologi kelautan meliputi biologi, fisika, kimia, dan matematika.

- Ahli biologi kelautan biasanya penasaran dan memiliki cinta dari luar, terutama laut.

- Biologi kelautan mencakup sejumlah disiplin ilmu spesialis dan ahli biologi kelautan dapat memilih untuk fokus studi mereka pada kelompok tertentu dari hewan.

- Sebuah gelar sarjana dalam biologi kelautan cukup untuk sejumlah pekerjaan terkait, tetapi Ph.D (doktor) biasanya diperlukan untuk penelitian independen dan mengajar di universitas.

- Sebagai bagian dari pekerjaan mereka, seorang ahli biologi kelautan dapat mengumpulkan dan menganalisis data biologis, tanaman hidup studi, mengidentifikasi spesies hewan, penelitian dampak lingkungan, mengomunikasikan temuan ke publik, dan banyak lagi.

- Lautan menutupi sekira 71 persen dari permukaan bumi.

- Palung laut bisa mencapai sedalam 10.911 meter atau 35.797 langkah kaki kedalaman. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini