Share

3 Pengaruh Pembentukan Muka Bumi bagi Kehidupan, Nomor 2 Bisa Hasilkan Emas

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 26 April 2022 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 624 2585240 3-pengaruh-pembentukan-muka-bumi-bagi-kehidupan-nomor-2-bisa-hasilkan-emas-WsI8C5rtVb.jpg Pengaruh Pembentukan Muka Bumi (Foto:SINDOnews)

JAKARTA - Pengaruh pembentukan muka bumi bagi kehidupan termasuk salah satu mata pelajaran bagi pelajar. Saat ini, bumi sudah dihuni oleh makhluk hidup dari jutaan tahun yang lalu. Namun banyak yang belum tahu pembentukan muka Bumi terjadi.

Pembentukan muka Bumi ini dimasukan dalam dua kelompok besar, yaitu daratan dan lautan. Untuk berupa daratan seperti gunung, pegunungan, bukit, dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai. Sedangkan Bumi sendiri terdiri dari luatan yang luas.

Dalam hal ini, bentuk permukaan Bumi seharusnya datar. Hanya saja, ada tenaga endogen dan eksogen yang mempengaruhi dan mengubah bentuk muka bumi yang datar dalam tingkatan yang berbeda-beda, seperti tinggi rendahnya pada bumi.

Selain itu, pengaruh pembentukan muka bumi bagi kehidupan berhubungan erat dengan tenaga eksogen dan tenaga endogen. Kedua tenaga tersebut memiliki pengaruh positif dan negatif bagi kehiudpan manusia.

Pembentukan Bumi yang berasal dari tenaga endogen adalah tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen bersifat membangun/ membentuk muka bumi. Lalu tenaga   eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasilbentukan dari tenaga endogen.

Berikut pengaruh pembentukan muka bumi bagi kehidupan:

1. Terjadi Penyimpatan Wilayah Daratan

Proses bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen ini menimbulkan gerak epirogenetik positif. Gerakan ini proses turunnya daratan dan naiknya permukaan air laut, mengakibat-kan terendamnya wilayah-wilayah pantai yang rendah dan mempersempit wilayah daratan. 

Proses gerak epirogenetik positif ini menjadi ancaman untuk kota-kota yang terletak di wilayah pantai yang rendah. Selain itu, meletusnya gunung berapi dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, seperi lahan pertanian, pemukiman penduduk, dan lain-lain.

2. Bisa Hasilkan Emas

Tenaga Endogen juga menimbulkan aktivitas vulkanisme dari gunung berapi yang mengeluarkan bermacam-macam bahan seperti kandungan mineral, dalam proses pembekuannya akan terurai bermacam-macam mineral sebagai barang tambang yang tinggi nilainya seperti emas, perak, intan, timah, tembaga, dan sebagainya.

Adanya proses metamorfosis batuan akibat perubahan suhu dan tekanan menghasilkan tambang yang bernilai tinggi, seperti marmer untuk bahan bangunan dan antrasit untuk bahan bakar.Selain itu gunung yang meletus bisa memberikan kesuburan tanah dan bisa dimanfaat oleh manusia dalam menjadikan salah satu lahan pertanian untuk kehidupan.

3. Ciptakan Tempat Wisata

Adanya proses pelapikan ini merupakan salah satu pemebentukan tenaga eksogen yang dapat menyebabkan bentuk muka bumi yang unik. Seperti contonya Grand Canyon di Amerika dan Anyer’s Rock di Australia.

Adanya proses sedimentasi yang dapat menyebabkan adanya dataran baru dengan tanah yang subur.

Pada daerah pesisir pantai, tenaga eksogen akan menghasilkan delta-delta sungai yang bermanfaat bagi manusia.

Pengaruh pembentukan muka bumi bagi kehidupan bisa dijadikan tempat wisata yang dihasilkan oleh tenaga eksogen. Namun yang perlu diwaspadai adalah abrasi pada daerah pantai dapat menyebabkan pengikisan sehingga lama kelamaan akan menghilang. (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini