Share

4 Negara Asia dengan Sistem Pendidikan Terbaik, dari Jepang hingga Singapura

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 25 April 2022 03:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 65 2582938 4-negara-asia-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-dari-jepang-hingga-singapura-NwD6XXQXxO.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan bisa menghasilkan SDM terbaik bagi sebuah negara. Saat ini, negara-negara di benua Asia sudah mulai dilirik untuk menjadi destinasi belajar karena sistem pendidikannya yang dianggap baik. Berikut informasi lengkapnya.

Jepang

Semua tahu bahwa Jepang adalah negara maju dengan kecanggihan teknologi yang luar biasa. Sistem pendidikan di Jepang juga sangat baik. Melansir laman World Education News+Reviews, pendidikan adalah hal penting dan sudah menjadi identitas Jepang.

Sumber daya manusia di Jepang sangat unggul di bidang eksak, seperti teknik, sains, dan matematika. Pemerintah semaksimal mungkin menyediakan pendidikan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam pendidikan di Jepang, satu hal yang ditekankan adalah kerukunan sosial Sehingga, siswa dan siswi yang sedang berada di sekolah merasa nyaman dengan tidak adanya perbedaan kelas.

Jepang juga menjadi negara tujuan mahasiswa asing dari seluruh penjuru dunia. Pada 2019, jumlah mahasiswa asing di Jepang hampir menyentuh 250 ribu orang. Angka ini meningkat jauh dari jumlah di tahun sebelumnya yang berjumlah 200 ribu orang.

China

Pemerintah China memiliki tujuan penting dalam mengembangkan sistem pendidikan di negaranya, yakni guna mempersiapkan para generasi muda agar mampu mengembangkan segala aspek pada dirinya. Mulai dari moral, fisik, hingga intelektual, yang sesuai dengan minatnya masing-masing.

Durasi pendidikan di China adalah 12 tahun, mulai dari level SD sampai SMA. Sistem pendidikan di China juga sudah merata dan masuk ke wilayah-wilayah terpencil. Sehingga, pendidikan bisa dirasakan oleh masyarakat pedalaman sekalipun.

Singapura

Singapura menjadi negara di Asia Tenggara dengan kualitas pendidikan terbaik. Melansir India Today, negara ini unggul dalam bidang perencanaan pendidikan. Tidak hanya fokus meningkatkan kemampuan para siswanya, namun Singapura juga turut memperhatikan kualitas tenaga pendidik yang ada. Ekstrakurikuler yang tersedia di Singapura diketahui sangat beragam. Jadi, siswa memiliki banyak pilihan untuk mengembangkan minatnya.

Di tahun 2018, pemerintah Singapura sudah merencanakan akan menghapus ujian pada jenjang awal sekolah dasar. Tepatnya, bagi siswa berusia 6 sampai 8 tahun. Langkah ini dilakukan guna membentuk mental siswa Singapura yang tidak hanya berorientasi pada nilai akademik, melainkan pada pengembangan diri.

Pengumuman peringkat kelas dengan nilai rapor terbaik juga akan dihilangkan. Sehingga, para siswa akan lebih fokus untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri secara lebih luas, daripada terpaku di bidang akademik.

Korea

satu lagi negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia adalah Korea. India Today menyebut, 100% orang Korea Selatan sudah melek huruf dan menandakan bahwa pendidikan di negara ini sudah amat merata. Berbagai universitas bergengsi tersebar di Korsel.

Contohnya adalah Seoul National University, Yonsei University, dan Korea University yang bercokol dalam daftar universitas terbaik di dunia. Korsel memiliki sistem Hagwon, yakni siswa mengikuti bimbingan belajar setelah jam pelajaran sekolah berakhir. Jadi, para siswa tidak langsung pulang ke rumah untuk beristirahat, melainkan melanjutkan belajar di bimbel yang sudah dipilih.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini