Share

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Yuk Disimak!

Agregasi Satupersen, · Selasa 29 Maret 2022 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 65 2569512 cara-memilih-jurusan-kuliah-yang-tepat-yuk-disimak-KRMYxV2nXW.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Siapa yang masih bingung cara memilih jurusan kuliah yang tepat? Mengingat ragam jurusan kuliah yang semakin banyak, tentu ini juga jadi salah satu faktor dilema para calon mahasiswa. Terlebih, ketika pilihan jurusan yang tepat bisa memaksimalkan proses kegiatan belajar kita.

Nyatanya, masih banyak orang yang merasa salah memilih jurusan. Pada tahun 2017, sebuah survei milik Lutvianto Pebri Handoko, CEO Aku Pintar, menemukan bahwa sekitar 87% mahasiswa merasakan hal ini. Ditambah terdapat 71.7% tenaga kerja yang akhirnya memilih pekerjaan di luar jurusan kuliah.

Menurut Pebri, ada beberapa faktor penyebab mahasiswa merasa salah pilih jurusan. Di antaranya, pengaruh orangtua atau teman, mimpi masa kanak-kanak, prospek karier, atau reputasi jurusan.

Ketika melihat fenomena ini, mungkin kalian jadi berasumsi bahwa penentuan jurusan kuliah itu nggak penting. Sebab pada akhirnya, kamu masih berpotensi mendapatkan pekerjaan yang berbeda dari arah jurusan. Akan tetapi, pemilihan jurusan kuliah yang tepat mampu membawa dampak positif yang lebih banyak.

Salah satunya, yakni pengaruh baik bagi kesehatan mental. Jika kamu hanya terus-terusan mengeluh atau galau soal jurusan, kemungkinan besar kondisi mood bisa ikut turun. Sebaliknya, kenikmatan menggeluti suatu jurusan bisa meningkatkan tingkat fokus dan hasil proses pembelajarannya.

Sebelum masuk pembahasan, kenalin gue Angel sebagai Part-time Blog Writer di Satu Persen. Di sini, gue bakal jelasin kumpulan fakta sekaligus cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Simak artikel tentang cara memilih jurusan kuliah ini sampai akhir, ya!

Fakta-Fakta Pemilihan Jurusan Kuliah:

Jurusan kuliah nggak menentukan prospek karier masa depan

Faktanya, miskonsepsi bahwa jurusan kuliah yang menentukan prospek karier masih dipercayai oleh banyak orang. Contohnya, lulusan jurusan Kimia berarti otomatis bakal bekerja sebagai peneliti di laboratorium. Atau lulusan jurusan Sastra Inggris hanya bisa menjadi penulis.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penemuan riset Pebri justru mengatakan sebaliknya. Kamu nggak perlu khawatir lagi dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Lantaran, kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk mencoba bidang pekerjaan di luar jurusan kuliah.

Semua lulusan jurusan kuliah berpotensi menghasilkan gaji yang tinggi

Siapa bilang hanya jurusan tertentu yang bisa menghasilkan gaji yang tinggi? Kamu juga bisa memiliki penghasilan yang tinggi, walaupun bukan dari universitas atau jurusan yang terkenal. Lantaran, bukan hanya jurusan kuliah yang menentukan kesuksesan finansial seseorang.

Nyatanya, penghasilan tinggi nggak berasal dari reputasi institusi pendidikan atau pekerjaan utama saja. Tetapi, kamu pun bisa menerima penghasilan tambahan dari sumber pemasukkan lainnya. Contohnya, pekerjaan freelance, jualan online, atau investasi.

Jurusan kuliah bukan satu-satunya sumber pengalaman kerja

Pernah kepikiran buat lanjut S2 atau mencoba ambil double-degree? Terlepas dari kesulitannya, banyak orang berasumsi bahwa kuliah merupakan satu-satunya sumber pengalaman kerja. Ini belum tentu betul, lho.

Selain pembelajaran di kampus, kamu kini bisa mengakses berbagai kelas online atau webinar yang bisa menambahkan skill lainnya. Ditambah networking dengan para profesional juga mampu meningkatkan informasi tentang lapangan kerja di dunia nyata. Jadi, jangan anggap jurusan kuliah itu sumber utama pengalaman kerja yang mutlak, ya.

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat:

Sesuaikan dengan minat dan passion

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah sesuaikan dengan minat dan passion. Coba pikirkan kembali aktivitas yang kamu nikmati selama di sekolah. Atau kamu juga bisa mengamati kejadian yang dilalui sehari-hari.

Apakah ada yang menggugah perasaan kamu? Apakah kamu bakal menikmatinya tanpa beban?

Meski tiap pekerjaan pasti ada suka duka, setidaknya kamu menentukan bidang yang masih sejalan dengan perasaan dan keinginan. Lantaran, perasaan seseorang merupakan motivasi terbesar untuk membuat suatu keputusan. Makanya, pikirkan jurusan kuliah ini sebaik mungkin, ya.

Pertimbangkan periode waktu berkuliah

Perlu kamu tahu juga kalau ada beberapa jurusan kuliah yang membutuhkan waktu lebih lama dari jurusan lainnya. Misalnya, kedokteran yang berlangsung hingga 6 tahun karena memiliki ketentuan tambahan lainnya. Oleh sebab itu, cara memilih jurusan kuliah berikutnya adalah pertimbangkan juga periode waktu berkuliah sesuai kebutuhan.

Dengan mengetahui periode berkuliah yang tepat, kamu juga bisa membuat rencana ke depannya lebih awal. Apa kamu bakal langsung bekerja setelah lulus? Atau kamu bakal lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sebelum kerja? Nanti ini akan membantu proses pemilihan jurusan yang lebih efisien dan maksimal.

Lakukan riset terhadap prospek karier

Cara memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah melakukan riset terkait prospek karier untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Mulai bikin list dan temukan informasinya lewat online atau sumber bacaan. Terlebih, kamu juga bisa berkonsultasi dengan para profesional buat tahu lebih jelas.

Pastikan juga bahwa prospek karier ini memiliki pertumbuhan secara berkala agar sesuai dengan gaya hidup impian di masa depan. Belum lagi, ada kemungkinan prospek karier yang membutuhkan relokasi tempat tinggal. Dengan pemilihan jurusan kuliah yang tepat, tentu kamu bisa bikin rencana masa depan yang lebih matang.

Luangkan waktu sebelum memilih jurusan

Ingat, kamu nggak perlu terburu-buru dalam membuat keputusan terkait pemilihan jurusan kuliah. Daripada terlambat menyesal bertahun-tahun, sebaiknya persiapkan segalanya dengan matang. Jangan ngira perencanaan jurusan kuliah itu sia-sia, ya.

Sebaliknya, tahap perencanaan juga dapat menjadi kunci kesuksesan dalam memaksimalkan perkembangan diri. Oleh sebab itu, perhatikan semua pilihan dan kemungkinan yang ada, ya.

Mengingat jurusan kuliah itu bukan hal sembarangan, ada kala insight tambahan dari orang lain bisa membantu hasil penentuanmu. Nggak hanya itu, kamu juga bisa sekalian mencurahkan perasaan yang terpendam selama proses pencariannya. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini