Share

Ingin Berprestasi? Yuk Pahami 5 Cara Membangun Mentalitas Mahasiswa Berprestasi

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 05 Februari 2022 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 65 2542715 ingin-berprestasi-yuk-pahami-5-cara-membangun-mentalitas-mahasiswa-berprestasi-Oh92rhh5Vm.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

MEMILIKI prestasi baik di sekolah maupun di perguruan tinggi mungkin menjadi impian banyak pelajar. Pasalnya, memiliki prestasi memberikan banyak keuntungan, misalnya reputasi yang baik atau privilege seperti beasiswa. Bagi mahasiswa yang memiliki rekam jejak prestasi, ini juga akan memberikan nilai lebih di mata rekruter.

Untuk menjadi pelajar berprestasi, maka dibutuhkan mentalitas berprestasi. Menerima prestasi bukan semata-mata karena keberuntungan atau bakat saja, melainkan memiliki mindset dan mental berprestasi. Kamu juga dapat menjadi berprestasi kalau menanamkan mentalitas seseorang yang berprestasi. Simak tips berikut untuk tahu cara membangun mentalitas mahasiswa berprestasi :

1. Kenali Dirimu

Cara membangun mentalitas mahasiswa berprestasi yang pertama adalah kenali diri sendiri (self-awareness). Kamu bisa melakukan refleksi dengan menanyakan beberapa pertanyaan penting, misalnya apa yang penting bagimu saat ini, mengapa kamu ingin menjadi pelajar yang beprestasi, dan mengapa kamu ingin mencapainya. Jangan sampai kamu hanya ikut-ikutan temanmu mencapai satu hal tertentu.

Kalau bingung, kamu bisa mulai dengan apa yang disukai atau apa yang mampu dilakukan. Hal ini akan memudahkanmu dalam menentukan tujuan dan prestasi apa yang ingin dicapai. Contohnya, kamu sangat suka menulis, coba tekuni kegemaran menulis sekaligus ikut kompetisi menulis.

2. Tentukan Tujuan dan Rencana

 

Kesuksesan hanya bisa berawal dari sebuah tujuan. Langkah selanjutnya, tentukan target yang ingin kamu capai. Dengan begitu, tujuan akhirnya bisa lebih terarah sehingga hasil prestasi yang relevan mampu mendukung karirmu ke depannya.

Tips dariku, kamu bisa membuat tujuan menggunakan metode SMART Goals. SMART merupakan kepanjangan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-Based. Berikut penjelasan lengkapnya:

- Specific: target yang ingin dicapai secara spesifik atau detail. Contohnya, apa yang ingin kamu capai? Keterampilan apa yang ingin bisa kamu kuasai?

- Measurable: tujuan yang bisa diukur melalui indikator atau tolak ukur tertentu. Misalnya, kamu ingin mahir public speaking. Oleh karena itu, indikatornya bisa berupa presentasi yang lugas dan penuh percaya diri di depan orang lain.

- Attainable: tujuan yang bisa dicapai secara realistis. Jangan buat target yang terlalu sulit untuk dirimu sendiri ya.

- Relevant: tujuan yang ditentukan harus sejalan dengan cita-cita besarmu. Contohnya, kamu memiliki cita-cita sebagai penulis, jadi coba mulai mengikuti kompetisi menulis atau menjadi penulis lepas.

- Time-Based: tujuan yang memiliki tenggat waktu tertentu.

3. Tekuni Minatmu

Ada kemungkinan besar bahwa kamu akan mendapatkan prestasi di bidang yang kamu minati. Lantaran, minat pada suatu hal akan mendorong kamu untuk mencari tahu lebih banyak tentang bidang tertentu. Alhasil, kamu bisa jadi lebih unggul dan berprestasi di bidang yang diminati.

Selain itu, kamu bisa terus merangsang keingintahuan dan melatih keterampilan untuk bisa menciptakan gagasan dan ide-ide baru. Misalnya, kamu memiliki minat dalam bidang pendidikan, boleh banget menyumbangkan gagasanmu melalui tulisan dalam sebuah kompetisi esai di universitas.

Memiliki minat juga dapat menambah nilai diri dan meningkatkan personal branding-mu lho. Kalau kamu rajin menulis dan mengunggah tulisan, mungkin kamu bakal dianggap sebagai penulis yang kreatif oleh teman-teman.

4. Bangun Jejaring Sosial

Membangun jejaring sosial juga penting untuk membantu kamu berprestasi. Memiliki jejaring yang luas akan membuat kamu mengenal banyak orang sehingga mampu mendapatkan masukan tambahan. Kamu juga bisa belajar hal yang tidak diajarkan di sekolah atau perkuliahan dengan mentoring kepada senior atau praktisi langsung. Bahkan, kamu bakal bisa berdiskusi dan bertukar pikiran untuk mengasah keterampilanmu.

Belajar dari mentor merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk belajar. Hal ini karena mentor merupakan praktisi di bidangnya. Carilah mentor yang berpengalaman yang bisa membimbing dan memberikan pencerahan buat kamu.

5. Haus Akan Pengetahuan dan Terus Belajar

 

Mentalitas berprestasi sebaiknya selalu diiringi oleh rasa ingin tahu yang tinggi. Kamu perlu terus-menerus menstimulasi diri sendiri agar tetap belajar. Jangan mudah puas dengan apa yang sudah kamu ketahui. Jadi, terus asah keterampilanmu ya.

Perluas pengetahuanmu dengan banyak membaca buku. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti kursus atau lokakarya untuk mempertajam keterampilanmu. Perlu kamu ingat, prestasi tidak datang dari hasil kerja semalam, tetapi dari konsistensi dalam belajar dan bekerja.

Memiliki prestasi memang merupakan sebuah kebanggaan dan memberikan keuntungan. Namun memiliki mental berprestasi akan membuatmu menjadi pribadi yang terus berkembang. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi, ya. (Tiffani Amalia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini