Share

10 Ritual Unik Menjelang Ujian, Mendadak Religius hingga Kenakan Pakaian Dalam Merah

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 12 Desember 2021 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 624 2514457 10-ritual-unik-menjelang-ujian-mendadak-religius-hingga-kenakan-pakaian-dalam-merah-ZyPbK55dQE.jpg Ilustrasi ujian. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Ada saja ritual unik menjelang ujian yang dilakukan oleh pelajar. Ujian sekolah memang menjadi momok yang bisa membuat kepercayaan diri pelajar menipis. Tak jarang, untuk menepis kegundahan jelang ujian, mereka menjalankan berbagai ritual dengan harapan dapat mengerjakan ujian dengan lancar dan memperoleh hasil memuaskan.

Berikut ritual unik yang dilakukan pelajar menjelang ujian.

1. SKS (Sistem Kebut Semalam)

SKS atau Sistem Kebut Semalam biasanya menjadi andalan para pelajar ketika berhadapan dengan ujian. Satu malam penuh mereka habiskan untuk menghafal, membaca, dan mencatat materi. Sampai-sampai mata mereka seperti mata panda karena terlalu lama begadang.

Baca juga: Anak Buah Menteri Nadiem Ajak Siswa dan Mahasiswa Cegah Korupsi


Baca juga: Cerita Haru Seorang Mahasiswi yang Berhasil Lulus ketika Ayah Sudah Tiada

2. Tidak Konsumsi Sup Rumput Laut

Ritual unik terjadi di Korea Selatan. Masyarakat Negeri Ginseng ini memiliki kepercayaan bahwa mengonsumsi sup rumput laut menjelang ujian akan membuat pengetahuan orang tersebut hilang. Karenanya, jelang ujian mereka menghindari memakan sup rumput laut.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula

Selain pantang mengonsumsi sup rumput laut menjelang ujian, Korea Selatan ternyata memiliki ritual lainnya yaitu mengkonsumsi makanan bergula. Makan makanan manis maupun bergula diyakini bisa meningkatkan energi dalam menghadapi ujian. Meminum jus ayam juga dipercaya dapat memberikan hal positif.

4. Memakai Pakaian Dalam Merah

Warna merah memang memberikan aura semangat yang tinggi. Bagi masyarakat China, warna merah dipercaya sebagai warna keberuntungan. Banyak yang meyakini bahwa menggunakan pakaian dalam berwarna merah selama ujian adalah hal yang baik.

5. Minum Air Putih Campuran Abu

Alih-alih membaca lembaran-lembaran, menjelang ujian malah ada ritual meminum air putih yang dicampur abu. Abu ini bukanlah sembarang abu, karena abu tersebut berasal dari kertas pelajaran yang dibakar usai belajar. Para siswa meminum air bercampur abu itu agar tetap percaya diri saat menghadapi ujian.

6. Mendadak Religius

Ujian Nasional ternyata bisa membuat pelajar berubah menjadi seseorang yang lebih religius. Naluri kecemasan membuat mereka berbondong-bondong lebih taat beribadah. Misalnya, mereka mulai rajin melakukan puasa sunah hingga shalat Dhuha.

7. Brobosan

Salah satu siswa di Kecamatan Sumenep, Madura melakukan ritual brobosan sebanyak tiga kali ketika akan berangkat sekolah untuk mengikuti ujian. Brobosan dilakukan dengan melewati kedua kaki ibu. Hal ini layaknya ketika manusia baru terlahir ke dunia.

Ritual ini dipahami sebagai permintaan restu pelajar yang hendak menjalani ujians sekolah, selain juga dimaksudkan agar si anak memahami pengorbanan hidup mati ibunya.

8. Konsumsi Kacang dan daging

Sebulan menjelang ujian, pelajar di Hongkong menggelar acara makan malam "SuperPass" atau "ging guo". Kegiatan tersebut dilakukan di restoran China. Hidangan yang disajikan bernama SuperPass Signature.

Menurut kepercayaan masyarakat Hongkong, penting bagi pelajar yang hendak ujian untuk makan daging babi kukus dengan kacang mete. Kacang mete dalam bahasa China memiliki arti "ingin lulus" dan babi kukus artinya "keinginan untuk membuat perbedaan".

9. Konsumsi Coklat Kitkat

Sebelum atau saat ujian berlangsung, pelajar di Jepang memiliki ritual untuk memakan Katsudon. Katsudon adalah makanan yang terdiri dari semangkuk nasi hangat, potongan daging goreng, dengan tambahan telur di atasnya.

Masyarakat Jepang berasumsi bahwa nama hidangan Katsudon memiliki banyak kemiripan dengan kata "katsu" yang artinya menang. Sama halnya dengan cokelat Kitkat yang diucapkan 'kitto katto' yang nyaris sama dengan kata 'kitto katsu' yang artinya 'pasti menang'. Karena itulah, coklat Kitkat seakan menjadi jimat saat menghadapi ujian.

10. Meminta Maaf

Seminggu sebelum ujian, biasanya beberapa pelajar mengirim pesan singkat kepada temannya dan grup. Pesan itu berisi permintaan maaf atas tindakannya selama di sekolah, sekaligus meminta doa agar ujiannya kelak dapat berjalan lancar.

*Diolah dari berbagai sumber 

Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI

 

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini