Ingin Sukses Wawancara Beasiswa, Ikuti 6 Cara Ini

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Rabu 17 November 2021 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 65 2503017 ingin-sukses-wawancara-beasiswa-ikuti-6-cara-ini-x9h1CSjKYv.jpg Illustrasi (foto: dok Sindo)

JAKARTA - Untuk meraih suatu beasiswa ada banyak hal yang perlu disiapkan. Tidak hanya dari segi akademiknya saja namun ada satu tahapan umum yang memerlukan persiapan tersendiri yakni wawancara. Berikut ini 6 kiat yang bisa dipakai untuk menghadapi wawancara beasiswa.

Tahapan wawancara ini biasanya menjadi tahap terakhir yang harus dilalui para pelamar beasiswa untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Baca juga:  Kabar Baik! Bank Indonesia Berikan Beasiswa, Cek Informasinya di Sini

Maka dari itulah setiap pelamar harus mempersiapkan diri baik itu mental dan juga fisik karena proses wawancara akan menentukan apakah pelamar layak menerima beasiswa atau tidak.

Melansir instagram resmi Ditjen Diktiristek di @ditjen.dikti, Rabu (17/11/2021), supaya bisa maksimal dalam menghadapi proses wawancara beasiswa, berikut ini kiat yang bisa diterapkan saat wawancara yang perlu diketahui mahasiswa.

1. Berpakaian rapi dan formal guna menciptakan impresi awal yang mengesankan

Baca juga:  Mulai Amerika Sampai Eropa, UGM Kirim 96 Mahasiswa Studi Keluar Negeri dengan IISMA

2. Postur tubuh tegap dengan posisi duduk tegak. Ini membuat pewawancara terkesan dengan sikap sopan dan disiplin dari para kandidat

3. Riset dan ketahui hal mendasar, keunggulan dan prestasi kampus maupun jurusan untuk menunjukkan antusiasme pada pewawancara

4. Percaya diri dalam menyampaikan jawaban yang komprehensif dan terinci guna menarik minat pihak kampus atau pewawancara

5. Usahakan berkontak mata dengan cara yang alami. Supaya pewawancara tetap fokus dengan jawaban yang kandidat berikan

6. Miliki satu atau dua pertanyaan yang akan diberikan pada pihak kampus. Hal ini menunjukkan bahwa kandidat punya rasa ingin tahu lebih terhadap kampus atau jurusan yang dituju.

Itulah 6 kiat yang bisa diterapkan saat wawancara beasiswa. Semoga proses berliku dalam meraih beasiswa bisa dilewati dengan sukses.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini