Wamenag Minta Para Dosen Ikut Serta dalam Gerakan Moderasi Beragama

Widya Michella, MNC Media · Selasa 24 Agustus 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 65 2460140 wamenag-minta-para-dosen-ikut-serta-dalam-gerakan-moderasi-beragama-GIy4hCmjAM.jpg Wamenag RI, Zainut (foto: Dok Kemenag RI)

JAKARTA - Wamenag RI Zainut Tauhid Saadi meminta para dosen khususnya untuk ikut serta dalam gerakan moderasi beragama. Hal ini disampaikan Wamenag pada Webinar tentang “Refleksi Kemerdekaan dalam Perspektif Moderasi Beragama" yang digelar Dewan Dosen Indonesia.

Ajak ikut serta dalam gerakan moderasi beragama ini bertujuan untuk mencegah setidaknya tiga tantangan pada ruang publik digital seperti berkembangnya cara pandang, sikap, dan praktek beragama yang berlebihan atau ekstrim, berkembangnya klaim kebenaran (truth claim) secara subyektif dan pemaksaan kehendak atas tafsir agama yang demikian kuat, serta berkembangnya semangat beragama yang tidak selaras dengan kecintaan berbangsa NKRI.

“Sebagai civitas akademika, para dosen perlu hadir memberikan pencerahan. Dampingi dan advokasi masyarakat sehingga dewasa dalam bermedia digital dan menjadikannya sebagai instrumen memperkuat semangat keindonesiaan,” jelas Wamenag demikian dikutip pada laman resmi Kemenag, Selasa (24/08/2021).

Baca juga:  Dinas Pendidikan Mukomuko Diminta Tingkatkan Pendidikan Agama

Tiga tantangan ini ditemukan dalam hasil riset disertasinya yang menunjukkan bahwa saat ini tengah terjadi proses kontestasi ideologi politik gerakan intoleransi dan ekstrimisme keagamaan di masyarakat terutama melalui infrastruktur media digital.

Ruang Publik digital, dalam temuan penelitian Wamenag, dinilai telah memfasilitasi gerakan intoleransi dan ekstrimisme untuk memproduksi dan mendistribusikan wacana ideologi politiknya di luar batasan sempit lembaga formal dan politik elektoral.

Baca juga:  Pendekatan Keagamaan Penting untuk Menjaga Keutuhan NKRI

"Ini merupakan tantangan tersendiri bagi negara-bangsa kita di saat Kemerdekaan RI yang ke-76 ini,” jelasnya

Oleh karena itu, para dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia diharapkan aktif berkontribusi dalam gerakan penguatan moderasi beragama.

"Saya mengajak dosen di berbagai perguruan tinggi di tanah air, untuk menjadi bagian dan turut serta dalam gerakan moderasi beragama. Jangan sampai kita diam ketika melihat fakta atas ekstrimisme dan intorelansi yang mengkoyak-koyak nasionalisme-keindonesiaan atas dasar keagamaan, tak terkecuali di ruang publik digital,” imbau Wamenag. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini