Share

Siswi Terbaik, Nilai Ujian Mariam Justru Nol

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 07 September 2015 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 07 65 1209937 siswi-terbaik-nilai-ujian-mariam-justru-nol-EX0FzQr8fx.jpg Mariam Malak. (Foto: Facebook/Al-Hayat TV Channel)
MESIR - Selama bertahun-tahun, Mariam Malak selalu mencatatkan prestasi gemilang dalam studinya. Namun, dia terkejut ketika mendapati nilai semua ujiannya nol. Bahkan, keluarganya pun mencurigai ada yang tidak beres.

Baru-baru ini, Mariam meraih nilai nol dalam tujuh ujian akhir yang diambilnya. Padahal, selama ini dia selalu meraih nilai bagus sehingga termasuk siswa SMA berprestasi di Mesir.

"Saya sangat terkejut. Saya tidak bisa mendengar siapa pun, saya tidak dapat berbicara. Saya pikir, bagaimana ini bisa terjadi? Bagaimana saya mendapat nilai nol?" ujar Mariam kepada BBC, seperti dinukil Mirror, Senin (7/9/2015).

Mariam dan keluarganya pun menduga ada ketidakberesan dalam peristiwa ini. Bahkan mereka mempertimbangkan kemungkinan sabotase karena Mariam menjadi anggota komunitas Kristen Koptik yang menjadi minoritas di Mesir.

Meski korupsi dan penyuapan dalam sistem pendidikan Mesir tidak terdengar, cerita Mariam ini menjadi viral. Dia pun mendapat banyak dukungan dari pengguna media sosial melalui tanda pagar #I believe Mariam Malak.

Guna meraih nilai minimal, pelajar Mesir harus setidaknya meninggalkan kertas jawaban tidak terisi. Tetapi, kertas jawaban Mariam justru ditulisi pertanyaan ujian.

Kementerian Pendidikan Mesir pun menyelidiki kasus ini dengan meneliti tulisan tangan Mariam di lembar jawaban. Mereka meyakini, itu merupakan tulisan tangan Mariam. Tetapi Mariam menolak penemuan tersebut dalam sebuah tes tulisan tangan yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi Mesir serta menunjukkan bahwa tulisannya jauh berbeda dari yang tertera pada lembar jawaban yang disangka miliknya.

Mariam dan keluarganya belum lama ini bertemu dengan Perdana Menteri Mesir Ibrahim Mahlab. Menurut mereka, Mahlab berjanji akan meninjau kasus tersebut. Sementara itu, sejumlah tokoh Mesir juga menawarkan bantuan pendanaan untuk pendidikan Mariam.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini