Share

Taiwan Jalin Kerja Sama dengan Indonesia di Bidang Pendidikan, Apa Keuntungannya?

Agregasi Antara, · Jum'at 01 September 2017 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 01 65 1767689 taiwan-jalin-kerja-sama-dengan-indonesia-di-bidang-pendidikan-apa-keuntungannya-wGuL7LEguA.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Kerja sama Indonesia dan Taiwan di bidang pendidikan kini tengah dipererat demi meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Bahkan, kerja sama tersebut rencananya akan diperluas hingga ke bidang pendidikan kejuruan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Perwakilan Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Indonesia, John C. Chen, baru-baru ini.

"Program pendidikan seperti ini meningkatkan keahlian dan penguasaan teknologi para siswa sehingga kerja sama ini harus terus meningkat dan diperluas di masa mendatang," kata dia.

Menurut Chen, peningkatan kapasitas SDM tersebut tercapai karena selama ini para siswa Indonesia yang berada di Taiwan tidak hanya menempuh pendidikan akademik semata. Namun, lanjut dia,  mereka juga melakukan magang di sejumlah perusahaan, pabrik, dan terlibat dalam kegiatan bisnis.

Sementara hingga saat ini jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Taiwan mencapai 4.394 orang. Sebanyak 2.745 di antaranya terdiri dari mahasiswa tingkat sarjana, magister dan doktoral. Kemudian 227 siswa pertukaran pelajar dan 1.442 siswa yang belajar Bahasa Mandarin.

Indonesia sendiri, lanjut Chen, menjadi negara di urutan ke tiga sebagai jumlah mahasiswa asing terbanyak yang belajar di Taiwan. Angka tersebut di bawah Malaysia dan Jepang.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini