Share

Lima Kampus Elite di Asia

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Kamis 26 Maret 2015 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 26 65 1124672 lima-kampus-elite-di-asia-fIgaGUOLVC.jpg NUS sebagai kampus terelite se-Asia (Foto: dok. ASEF)

JAKARTA - Lima kampus elite di Asia menunjukkan kecemerlangan di tingkat dunia. Perguruan tinggi Singapura, Jepang dan Hong Kong pun menunjukkan kedigdayaan dalam berbagai pemeringkatan kampus terbaik sejagat.

Berikut ini daftar lima kampus elite di Asia pada 2015 berdasarkan rangking Quacquarelli Symonds dari World University, seperti dilansir dari Universities Academy, Kamis (26/3/2015).

National University of Singapore (NUS), Singapura

NUS berada pada peringkat ke-22 dunia dan nomor 2 di Asia dalam pemeringkatan di Times Higher Education. NUS menekankan pendekatan global untuk pendidikan serta penelitian dengan fokus pada perspektif Asia kepada 37 ribu mahasiswa di tiga kampus dan 16 fakultas.

Kehidupan mahasiswanya pun dinamis. Banyak kegiatan kampus dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar serta magang kewirausahaan.

Rata-rata, biaya tahunan kuliah progaram sarjana untuk mahasiswa lokal mencapai USD6.000 hingga USD8.000, dan untuk mahasiswa internasional sebesar USD12 ribu hingga USD14 ribu.

University of Hong Kong, Hong Kong

Menempatkan diri di peringkat ke-28 secara internasional, University of Hong Kong merupakan lembaga penelitian yang dihormati. Banyak mahasiswa internasional menempuh studi di sini karena pembelajaran di kampus memakai bahasa Inggris sebagai pengantar.

University of Hong Kong terkenal murah hati dalam potongan biaya kuliah bagi mahasiswanya. Rata-rata biaya kuliah per tahun mahasiswa lokal pada program sarjana mencapai USD6.000 hingga USD8.000. Selain itu, Lulusan kampus ini memiliki tingkat kerja mencapai 100 persen.

University of Tokyo, Jepang

Kampus ini masuk di peringkat ke-31 secara internasional dan ditempatkan sebagai kampus terbaik se-Asia pada Times Higher Education. Universitas riset terbaik di Jepang dan memiliki banyak alumni sebagai pemenang Nobel.

Keunikan University of Tokyo adalah kemampuan mereka mencapai batas-batas tradisional antara ilmu dan seni. Kesadaran interdisiplin diduga memberikan mahasiswa berpengetahuan moral, etika dan sosial yang solid.

Rata-rata biaya per tahun kuliah program sarjana untuk mahasiswa lokal mencapai USD4.000 hingga USD6.000. Sedangkan biaya kuliah mahasiswa internasional mencapai USD6.000 hingga USD8.000.

Seoul National University, Korea Selatan

Kampus ini juga menduduki di posisi ke-31 pada peringkat internasional dan unggul di peringkat QS dengan nilai sempurna di semua kategori. Korea Selatan memiliki semangat gairah di bidang pendidikan dan kampus ini juga bertahan melalui masa perang.

Ada enam program pascasarjana dan 65 lembaga penelitian bagi sekira 23 ribu mahasiswa dan 2.500 dosen. Kampus ini dikenal sebagai pencetak para pemimpin negara di berbagai bidang. Saat ini ada 2.000 mahasiswa internasional dan 460 materi mata kuliah diajarkan dalam bahasa Inggris.

Rata-rata biaya kuliah per tahunnya pada program sarjana untuk mahasiswa lokal dan internasional sebesar USD4.000 hingga USD6.000.

Kyoto University, Jepang

Kampus bersejarah yang didirikan pada 1897 ini dulu menempati bekas ibukota Jepang. Universitas ini memiliki paham liberal dan berpikiran terbuka serta fokus pada semangat budaya dan akademis dalam kemerdekaan dan kemandirian.

Kyoto University menggunakan nilai-nilai tradisional Jepang untuk mengeksplorasi solusi inovatif berbagai isu internasional. Fokusnya adalah pada kontribusi bagi kesejahteraan bumi dan masyarakat dunia.

Mahasiswa lokal dan internasional rata-rata mengeluarkan USD4.000 hingga USD6.000 untuk biaya kuliah per tahun. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini