Share

6 Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita, Prospek Kerja Makin Mudah

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 65 2719768 6-jurusan-smk-yang-bagus-untuk-wanita-prospek-kerja-makin-mudah-7rBw4INQoi.jpeg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Jurusan SMK yang bagus untuk wanita akan dibahas dalam artikel ini. Sebagian siswi yang tengah menempuh pendidikan menengah pertama mungkin merasakan dilema memilih lanjut SMA atau SMK.

Sebab, tak semua mengerti jurusan SMK yang bagus untuk wanita. Jika ditelusuri ada beberapa jurusan yang cocok untuk para siswi dengan prospek kerja yang bagus.

Lantas, jurusan SMK apa saja yang bagus untuk wanita? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone berikut ini:

1. Farmasi

Memilih jurusan farmasi menjadi langkah tepat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebab, jurusan ini mudah mendapatkan pekerjaan dan banyak perusahaan farmasi mencari lulusa teknik farmasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Adapun tugas dalam teknik farmas adalah mengonfirmasi pesanan resep, berinteraksi dengan pelanggan, dan menjawab pertanyaan medis. Mereka juga menyiapkan dan mengisi resep, mengelola inventaris dan mengisi ulang bila perlu, menjaga apotek tetap teratur, dan memahami praktik farmasi yang aman dan efektif.

2. Jurusan Tata Boga

Wanita paling tepat memilih jurusan tata boga. Dalam pelajaran SMK ini akan diajarkan sebagai koki profesional makanan yang menyiapkan makanan berbagai pengaturan berdasarkan resep.

3. Tata Busana

Umumnya wanita lebih tertarik mempelajari fesyen ketimbang materi lainnya. Bgi yang suka dengan fesyen bisa memilih Jurusan Tata Busana di SMK.

Sebagian besar salon rambut dan tempat pangkas rambut membutuhkan penata rambut untuk menyelesaikan program tata rias, tukang cukur, atau kecantikan di sekolah yang disetujui negara. Penata rambut dan tukang cukur harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik.

4. Jurusan Akuntansi

Di Indonesia banyak SMK dengan jurusan Akuntansi.Jurusan satu ini dapat dibilang sebagai jurusan SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Setelah lulus umumnya para alumni bisa melamar pekerjaan di perusahaan besar, staf bidang akuntansi perusahaan, perbankan, dan sebagainya.

5. Jurusan Pariwisata

Jurusan Pariwisata menjadi jurusan yang banyak diminati di SMK. Banyaknya destinasi wisata populer dan wisata baru di Indonesia menjadi peluang bagi lulusan jurusan ini.

Lulusan SMK jurusan Pariwisata, nantinya akan turut berkontribusi mendukung sektor pariwisata Indonesia dengan mempublikasikan tempat wisata, memberikan pelayanan bagi para wisatawan, dan memberikan jasa pariwisata lainnya.

6. Jurusan Keperawatan

Jurusan keperawatan juga banyak dipilih oleh para siswi untuk melanjutkan pendidikan. Jurusan ini menjadi jurusan dengan prospek yang bagus di dunia kesehatan. Para siswa akan diajarkan merawat bayi, remaja, orang dewasa, hingga orang tua.

Itulah jurusan SMK yang bagus untuk wanita yang harus diketahui.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini