Share

Rumus Kimia Fotosintesis Serta Proses dan Reaksinya

Fatmawati, Okezone · Senin 19 September 2022 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 624 2670514 rumus-kimia-fotosintesis-serta-proses-dan-reaksinya-GPK2p10vCC.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Fotosintesis adalah proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun klorofil.

Selain tumbuhan berkalori tinggi, makhluk hidup non-klorofil lain berfotosintesis dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari.

Rumus Kimia Fotosintesis

6 H2O (air) + 6 CO2 (karbondioksida) + Cahaya dan Kloroplas → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 (oksigen)

Dilansir dari laman Rumuskimia, fotosintesis dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.

Disebut sebagai reaksi terang karena memerlukan cahaya selama proses fotosintesis dan terjadi pada grana (tunggal = granum), sedangkan reaksi gelap tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida dan terjadi di dalam stroma.

Dalam reaksi terang, terjadi proses konversi energi cahaya menjadi energi kimia yang kemudian menghasilkan oksigen (O2).

Follow Berita Okezone di Google News

Sedangkan dalam reaksi gelap terjadi seri reaksi siklis yang kemudian membentuk gula dengan bahan dasar CO2 dan energi (ATP dan NADPH).

Adapun energi yang digunakan dalam reaksi gelap diperoleh dari reaksi terang dan menjadikan prosesnya tidak memerlukan cahaya matahari.

Tujuan dari reaksi gelap ini adalah untuk mengubah senyawa yang mengandung atom karbon menjadi menjadi molekul gula.

Pada reaksi terang, kuanta cahaya diserap oleh berbagai pigmen fotosintetik (pigmen antena), yang terikat pada protein dalam membran tilakoid di sekitar yang disebut pusat reaksi dan disebut sebagai kompleks pewarisan cahaya (LHC).

Semua pigmen fotosintesis masing-masing memiliki spektrum serapan yang khas.

Pigmen utama fotosintesis adalah, dengan pengecualian bakteri yang disebut bakterioklorofil, dan klorofil.

Selain itu, karotenoid, klorofil b atau c, dan phycobilins (phycobiliproteins) dan alga merah dan cyanobacteria diwakili.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini