Share

5 Jurusan Kuliah untuk Orang yang Suka Ngomong, Bisa Sukses Jika Diasah dengan Baik!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 20 Juni 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 65 2612051 5-jurusan-kuliah-untuk-orang-yang-suka-ngomong-bisa-sukses-jika-diasah-dengan-baik-DdrhFc2xhc.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Orang yang suka ngomong atau berbicara terkadang dipandang tidak berguna, karena seperti kata pepatah “tong kosong nyaring bunyinya”. Padahal suka berbicara bukan berarti tidak memiliki pengetahuan lainnya.

Kemampuan berbicara ini dapat menjadi keahlian yang sangat bagus untuk karier di masa depan, tentu saja jika diasah secara tepat. Jurusan kuliah yang sesuai dapat menjadi wadah untuk melatih kemampuan berbicara seseorang, termasuk public speaking.

Berikut ini jurusan kuliah untuk orang yang suka ngomong.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang membahas tentang cara menyampaikan dan mengomunikasian sesuatu hal agar dapat diterima masyarakat. Jurusan komunikasi sangat disarankan untuk orang yang suka berbicara dan pandai dalam public speaking. Jurusan ini akan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan komunikasi, baik itu komunikasi intrapersonal atau dengan diri sendiri, interpersonal atau komunikasi dengan orang lain, komunikasi kelompok, organisasi, hingga komunikasi massa.

Kemampuan komunikasi yang baik sangat berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, jurusan komunikasi juga memberikan pengetahuan mengenai desain dan animasi karena berhubungan dengan iklan. Prospek kerja jurusan ini sangat beragam, yakni public relation, jurnalis, reporter, penulis berita, dan juga media pertelevisian.

Pendidikan Keguruan

Jurusan keguruan sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka ngomong dan ingin memiliki cita-cita yang mulia. Pendidikan keguruan akan menghasilkan tenaga pendidik dan pengajar atau biasa dikenal sebagai guru.

Jurusan ini akan mempelajari banyak kemampuan berbicara di depan umum, karena seorang guru harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada siswa, orang tua murid, hingga pengurus sekolah lainnya. Selain itu, jurusan keguruan juga tidak hanya mempelajari kemampuan komunikasi publik, tapi juga mempelajari cara mengajar, penulisan akademis, penatausahaan sekolah, dan sebagainya.

Hubungan Internasional

Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan antarnegara di dunia, organisasi pemerintah, keamanan dan perdamaian dunia, hingga politik internasional. Berkuliah di jurusan hubungan internasional akan mendapatkan mata kuliah yang berkaitan dengan kemampuan berbicara dan public speaking, seperti negosiasi, diplomasi, hingga resolusi.

Kemampuan berbicara akan sangat dilatih di jurusan ini terutama yang berhubungan dengan diplomasi dan hubungan dengan pihak internasional. Prospek kerja dari jurusan hubungan internasional meliputi diplomat, duta besar, konsultan, serta dapat bergabung di perusahaan internasional dan organisasi dunia.

Hukum

Jurusan hukum mempelajari ilmu hukum dari bebagai cabang, seperti hukum tata negara, hukum masyarakat, hukum administrasi negara, hukum pidana, hukum perdata, sampai hukum internasional. Jurusan hukum sangat membutuhkan skill berbicara dan komunikasi yang bagus. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka menyampaikan pemikiran dan mengeluarkan argumen. Selain itu, jurusan ini juga identik dengan buku-buku yang tebal dan tulisan yang banyak.

Untuk itu, tidak hanya kemampuan komunikasi, kemampuan menghafal dan suka membaca buku juga harus diterapkan dalam jurusan ini. Prospek kerja di jurusan ini meliputi jaksa, hakim, notaris, tim legal, serta pengacara. Untuk pengacara, kemampuan berbicara ini sangat penting, karena pengacara harus bisa menjelaskan hal-hal yang terkait hukum kepada klien, serta membela klien di pengadilan.

Psikologi

Jurusan psikologi dikenal sebagai jurusan yang mempelajari perilaku, kondisi pikiran, dan mental manusia. Jurusan ini cocok untuk orang yang suka berbicara, karena seorang psikolog harus punya kemampuan komunikasi yang baik dengan klien atau pasien. Hal ini bertujuan agar pasien merasa nyaman saat melakukan konsultasi. Selain itu, jurusan psikologi juga membutuhkan keahlian mengelola empati untuk orang lain.

Ilmu psikologi yang dipelajari di jurusan ini terdiri dari berbagai macam, seperti psikologi klinis, psikologi sosial, hingga psikologi organisasi atau industri. Oleh karena itu prospek kerja jurusan psikologi tidak hanya menjadi seorang psikolog, tapi juga dapat menjadi Human Resource Development (HRD).

Diolah dari berbagai sumber:

Septi Kurnia – Litbang MPI


1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini