Share

7 Jurusan Kuliah yang Dinilai Paling Mudah dan Santai, Mau Pilih yang Mana?

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 65 2607955 7-jurusan-kuliah-yang-dinilai-paling-mudah-dan-santai-mau-pilih-yang-mana-26rYfFUUSV.jpg 7 jurusan kuliah yang dinilai paling mudah dan santai/Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Berikut ini adalah 7 jurusan kuliah yang dinilai paling mudah dan santai, bisa menjadi referensimu nanti.

Menyelesaikan gelar sarjana memang tidak semudah yang dibayangkan. Akan ada masa menghabiskan waktu berjam-jam dan malam untuk belajar, mengerjakan proyek kelompok, dan mempersiapkan kelulusan.

 BACA JUGA:Menko PMK Dorong Kampus Swasta Turut Berkontribusi Bangun SDM Menuju Indonesia Emas 2045

Tetapi sebelum memulai pendidikan di perkuliahan, mungkin sempat memikirkan jurusan kuliah mana yang akan membuat jalan lebih mudah.

Gelar sarjana dari jurusan yang dianggap mudah pun masih akan bisa memberi pekerjaan yang layak setelah lulus. Namun, istilah mudah sebenarnya tergantung pada kekuatan dan kelemahan masing-masing mahasiswa.

Ada yang menurut sebagian orang ilmu Komputer mudah, ada yang merasa tidak dan begitu seterusnya.

Apa jurusan yang dikenal paling mudah dan santai? Mari kita bahas dari perspektif umum dikutip dari The College Monk berikut ini:

1. Psikologi

Jurusan psikologi akan membantu mahasiswa memahami cara kerja pikiran manusia dan menawarkan banyak peluang untuk mengambil spesialis nanti.

Psikologi di tingkat sarjana lebih kepada membahas pengantar daripada di tingkat pascasarjana atau doktor, yang berkontribusi untuk menjadi salah satu gelar perguruan tinggi termudah.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Administrasi Bisnis

Studi administrasi bisnis mencakup kursus tentang manajemen, ekonomi, penelitian, dan sumber daya manusia.

Disiplin mempersiapkan mahasiswa untuk peran manajemen di perusahaan, atau tentang cara mengelola bisnis sendiri.

Mahasiswa menemukan administrasi bisnis mudah karena persyaratan analisis adalah dasar, dan sebagian besar logika adalah akal sehat.

Selain itu, administrasi bisnis melibatkan banyak proses dan struktur berikut, yang mungkin membosankan namun, itu tidak sulit.

3. Peradilan Pidana

Gelar sarjana peradilan pidana tidak cukup untuk membuat mahasiswa masuk sekolah hukum atau menjadi polisi; namun, ini memberi mahasiswa dasar yang bagus tentang pengadilan, etika, kebebasan sipil, sistem penjara, dan banyak lagi.

Jurusan ini sebagian besar masih pengantar, karena siswa harus berspesialisasi di sekolah pascasarjana untuk sebagian besar karier peradilan pidana.

Sementara jam belajar lebih sedikit daripada beberapa jurusan mudah lainnya dalam daftar ini, mahasiswa harus memiliki tingkat ketahanan emosional yang tinggi.

Materi pelajaran mungkin meresahkan.

4. Hubungan Masyarakat dan Pemasaran

Jurusan PR mudah bagi orang yang merasa wajar untuk menjadi sosial, ekstravert, dan persuasif.

Jika mahasiswa baik dengan orang dan menyadari bahwa dapat mengubah pikiran orang atau mendorong mereka untuk melakukan sesuatu, mahasiswa mungkin menikmati pendidikan hubungan masyarakat atau pemasaran.

Setelah menyelesaikan gelar, mahasiswa akan menemukan pekerjaan dengan cepat dengan agensi, karena tidak ada kekurangan perusahaan yang mencari dukungan untuk memasarkan bisnis mereka.

Satu-satunya downside adalah pekerjaan pertama keluar dari sekolah tidak akan memiliki gaji yang mengesankan.

Kunci dengan pemasaran adalah untuk naik tangga.

5. Ekonomi

Jurusan ekonomi cenderung memiliki IPK rata-rata yang mirip dengan jurusan lain dalam artikel ini.

Perbedaan utama? Gaji awal yang jauh lebih tinggi setelah lulus.

Mahasiswa akan belajar bagaimana menggunakan penalaran kuantitatif secara efektif dalam menganalisis masalah keuangan dalam suatu organisasi atau masyarakat secara keseluruhan.

Kursus yang akan diambil dengan jurusan ini meliputi tata kelola, prinsip dan topik keuangan, teori ekonomi, sejarah ekonomi, dan banyak lagi.

Setelah lulus, mahasiswa dapat memilih dari berbagai pekerjaan bergaji tinggi, seperti analis keuangan, akuntan, analis investasi, ekonom, analis data , dan banyak lagi.

6. Administrasi Kesehatan

Administrasi kesehatan jauh lebih mudah daripada gelar biologi, kimia, atau ilmu fisika lainnya yang masih mengajarkan mahasiswa apa yang dibutuhkan untuk membuat perbedaan di bidang medis.

Alih-alih mempelajari cara melakukan pekerjaan laboratorium, analisis, dan diagnosis, administrasi kesehatan mengajarkan mahasiswa tentang teori di balik manajemen dan kesehatan rumah sakit.

Pengantar yang bagus untuk bidang perawatan kesehatan, gelar sarjana dalam administrasi kesehatan membawa mahasiswa ke banyak peluang untuk berspesialisasi, jika mau.

Dan, bidang ini sedang booming dengan pertumbuhan yang diharapkan karena pandemi beberapa tahun terakhir.

 

7. Pendidikan

Dengan IPK rata-rata 3,6, pendidikan adalah salah satu jurusan termudah dalam hal nilai.

Topik dan teori pendidikan cenderung lebih mudah daripada topik STEM, misalnya. I

Itu sebabnya mahasiswa pendidikan cenderung memiliki waktu yang lebih mudah dengan jurusan ini.

Gelar tersebut mengarah pada pekerjaan yang relatif stabil sebagai guru, dengan libur yang sudah pasti juga.

Dan, mahasiswa memiliki banyak kesempatan untuk berspesialisasi: pendidikan dasar, kebutuhan khusus, sekolah menengah, ESL.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini