Share

Jurusan Kuliah untuk Anak yang Hobi Menggambar, dari Animasi hingga Arsitektur

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 14 Februari 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 65 2545151 jurusan-kuliah-untuk-anak-yang-hobi-menggambar-dari-animasi-hingga-arsitektur-0PmbrecKQO.jpg Menggambar. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Bahkan, tak jarang minat tersebut dijadikan sebagai sebuah profesi.

Untuk yang memiliki minat dan bakat menggambar, misalnya, tersedia beberapa jurusan yang mendukung. Berikut daftar jurusan kuliah bagi yang suka menggambar.

• Desain Komunikasi Visual

Pada jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual ini akan diajarkan membuat dan menyampaikan sebuah ide atau konsep melalui media visual. Selain itu diajarkan pula cara memadukan seni desain tradisional dan teknologi digital.

Hal-hal mendasar yang dipelajari ialah mengembangkan bentuk bahasa visual yang berwujud kreatif dan inovatif dan mengolah pesan yang komunikatif dan efektif.

• Animasi

Pilihan kedua untuk yang suka menggambar ialah jurusan animasi. Di jurusan ini, mahasiswa akan bertemu dengan mata kuliah penulisan cerita yang menjadi bekal untuk merancang alur cerita dari sebuah animasi.

Selanjutnya, terdapat mata kuliah Character Design serta teknik pembuatan animasi 2D maupun 3D. Tidak saja membuat animasi sesuai jalan cerita, mahasiswa juga akan belajar mengedit video serta menambahkan latar suara dalam animasi yang dibuatnya.

• Seni Rupa

Jurusan seni rupa memiliki berbagai pilihan cabang seni, di antaranya seni lukis, seni patung, seni grafis, seni kramik. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari ekspresi proses kreatif, keterampilan artistik, dan praktik seni.

Sementaa itu, mata kuliah yang akan diperolehnya adalah rupa dasar 2D, rupa dasar 3D, studio seni rupa, estetika, seni dan ruang publik, dan lainnya.

• Arsitektur

Sesuai namanya, mahasiswa jurusan arsitektur akan banyak menggambar sebuah konsep gedung atau bangunan. Tak hanya akan merancang sebuah bangunan, di jurusan ini juga akan diajarkan analisis kebutuhan ruang dari fungsi bangunan agar optimal dan mendesain denah beserta interior yang dibutuhkan.

Mata kuliah yang akan diajarkan antara lain estetika arsitektur, arsitektur digital, metode pemrograman desain arsitektur.

• Desain Mode/Tata Busana

Jurusan desain mode merupakan penggabungan prinsip seni, desain, dan produksi untuk merancang produk berupa pakaian. Jurusan ini akan banyak menggambar sebuah konsep busana dengan mengombinasikan pola, warna dan bahan.

Mata kuliah yang akan dipelajari ialah konsep desain visual, eksplorasi estetika, desain pakaian dan masih banyak lainnya.

*Melansir dari berbagai sumber

Maria Alexandra Fedho/ Litbang MPI

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini