Share

Hobi Menulis? Ini Sederet Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 05 Februari 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 65 2541503 hobi-menulis-ini-sederet-jurusan-kuliah-yang-cocok-untuk-kamu-yisF6qXhtl.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jurusan kuliah biasanya dipilih berdasarkan minat dan kesukaan seseorang. Memilih jurusan sesuai minat akan membuat orang tersebut lebih bersemangat menjalani proses perkuliahah sehingga hasil yang dicapai pun akan maksimal.

Bagi yang hobi menulis, ada beberapa pilihan jurusan yang menarik. Ini jurusan kuliah untuk orang yang hobi menulis.

• Sastra

Di jurusan sastra, mahasiswa akan belajar mengenai linguistik, bahasa asing, dan pengkajian cerita anak. Selain itu, dipelajari pula tentang wacana kritis dan analisis. Bukan hanya teori, mahasiswa di jurusan sastra juga akan banyak praktik menulis beberapa karya sastra seperti cerita pendek dan puisi.

• Broadcast (Film dan Penyiaran)

Jurusan ini akan mempelajari jurnalistik, teknik menulis berita, teknik reportase, serta penulisan naskah film dan TV. Mahasiswa jurusan broadcast memiliki banyak kesempatan untuk menulis, mulai dari menulis naskah, naskah berita, dan naskah teater atau drama. Prospek lulusan ini bisa menjadi seorang jurnalis, script writer, dan sutradara.

• Penerbitan

Jurusan penerbitan mungkin belum terdengar familiar bagi sebagian orang karena jurusan ini di Indonesia hanya ada di politeknik saja. Di jurusan penerbitan, mahasiswa akan belajar mengenai berbagai dunia kepenulisan, mulai dari menulis artikel, berita, opini, cerita pendek, hingga novel. Jurusan ini lebih banyak melakukan praktik dibandingkan teori, sehingga hobi menulis akan tersalurkan dengan baik.

• Ilmu Komunikasi

Pada jurusan ilmu komunikasi dipelajari tentang jurnalistik, yang meliputi teknik menulis berita, produksi berita, dan copywriting periklanan. Selain itu, terdapat berbagai mata kuliah mengenai teori-teori media dan komunikasi sebagai penunjang dalam memproduksi tulisan, entah itu berita maupun copywriting iklan. Prospek dari jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi seorang jurnalis hingga humas.

• Jurnalistik

Jurusan jurnalistik memiliki cakupan yang luas karena lulusannya bisa bekerja di radio, stasiun TV, surat kabar, maupun media-media lainnya. Mahasiswa di jurusan ini akan beajar teknik mencari berita, menulis, menyunting, hingga berita tersebut dapat didistribusikan melalui media. Beragam tulisan, seperti hardnews maupun feature akan dipelajari di sini.

*dilansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/ Litbang MPI

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini