Share

Unik! Ini 5 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 29 Januari 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 65 2538143 unik-ini-5-jurusan-kuliah-yang-hanya-ada-di-indonesia-JrvHKwWEB2.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Meski menuntut ilmu bisa di mana saja, namun nyatanya beberapa ilmu hanya bisa diperoleh di tempat tertentu. Salah satu alasannya adalah karena bidang kajiannya memang berasal dari wilayah tersebut.

Litbang MPI menghimpun beberapa jurusan kuliah yang hanya ada di Indonesia, seperti berikut.

• Teknologi Batik

Ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknologi Batik, antara lain Universitas Pekalongan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Politeknik Pusmanu. Jurusan ini tidak hanya belajar tentang cara pembuatan sehelai kain batik, tetapi juga mengenai sejarah dan filsafat di balik masing-masing motif batik.

Di Universitas Pekalongan sendiri, jurusan Teknologi Batik telah berdiri sejak tahun 2011. Banyak pelajar dari mancanegara yang menunjukkan minat besar terhadap program studi ini. Mereka mengambil kuliah pendek untuk mempelajari lebih lanjut tentang warisan kebudayaan Indonesia tersebut.

Baca juga: UB Perkuat Pendampingan Riset dan Inovasi Atasi Masalah Kekurangan Dana


Baca juga: Kurangi Kecanduan Gawai pada Anak, Mahasiswa UNY Inisiasi Permainan Tradisional

• Seni Karawitan

Jurusan Seni Karawitan mempelajari seni musik tradisional karawitan. Saat ini, jurusan Seni Karawitan telah tersedia di beberapa universitas, di antaranya Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, ISI Surakarta, ISI Yogyakarta, ISI Padang Panjang, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, dan Universitas Hindu Indonesia, Denpasar.

Mahasiswa yang mendalami jurusan ini akan mempelajari lebih lanjut tentang cara memainkan beragam alat musik tradisional seperti gendang, kecapi, gamelan, suling, dan lain sebagainya.

• Seni Pedalangan

Program Seni Pedalangan mempelajari tentang seni pertunjukan wayang tradisional, termasuk juga mengenai konsep dasar pakeliran, cara mengolah alur cerita pewayangan, dan lain sebagainya.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini adalah ISI Surakarta, ISI Denpasar, ISI Yogyakarta, dan Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta.

• Manajemen Industri Katering

Makanan merupakan salah satu bidang industri yang akan selalu bersinar. Terkait dengan bidang tersebut, ada jurusan yang bisa diambil mahasiswa untuk mempelajari seluk beluk industri katering.

Jurusan Manajemen Industri Katering yang terdapat di Universitas Pendidikan Indonesia merupakan pertama dan satu-satunya program studi di jenjang S1 di Indonesia. Bidang studi ini mengulas lebih dalam tentang pengetahuan di bidang kuliner, baik lokal, nasional, maupun internasional, serta manajemen usaha kuliner.

• Tasawuf Psikoterapi

Mahasiswa yang belajar di jurusan Tasawuf Psikoterapi menggabungkan dua disiplin ilmu, yakni tasawuf dan psikoterapi. Program studi ini mengkaji masalah kejiwaan guna mendapatkan pendekatan psikologis dan sufistik.

Jurusan ini dapat dijumpai di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Mahasiswanya akan belajar mengenai fiqih, ilmu kalam, psikologi agama, hingga pengobatan ala Nabi.

 

Andin Danaryati/Litbang MPI

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini