Share

Tokoh Pendidikan Dunia yang Paling Berpengaruh, dari Albert Einstein hingga Ibnu Sina

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 30 Januari 2022 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 624 2538693 tokoh-pendidikan-dunia-yang-paling-berpengaruh-dari-albert-einstein-hingga-ibnu-sina-6zrmlkBMwA.jpg Albert Einstein. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pendidikan mempunyai peran dalam meningkatkan kemajuan bangsa dan negara. Terdapat tokoh yang mempunyai andil besar dalam dunia pendidikan. Berkat karya serta penemuannya, hal tersebut menjadi landasan atau dasar bagi masyarakat hingga saat ini.

Berikut tokoh pendidikan dunia yang paling berpengaruh.

Albert Einstein

Albert Einstein lahir di Jerman, 14 Maret 1879. Dia merupakan fisikiawan berpengaruh. Pada 1922, dia memenangkan Hadiah Nobel di bidang Fisika. Dia dianggap sebagai fisikiawan berpengaruh karena kejeniusannya. Salah satu temuan yang terkenal adalah rumus kesetaraan massa energi E=mc2.

Sejak kecil, Einstein sudah menyukai fisika serta matematika. Dia menyelesaikan studinya di Politeknik Federal Swiss pada tahun 1900. Penemuan-penemuan Einstein cukup banyak.

Namun terdapat tiga penemuan penting yang ditemukannya, yaitu teori relativitas khusus, teori relativitas umum, teori kesetaraan massa energi. Hingga saat ini, penemuan hingga teori yang diciptakannya masih digunakan oleh seseorang yang memperdalam ilmu fisika.

Ibnu Sina

Ibnu Sina atau yang lebih dikenal di dunia sebagai Avicienna lahir di Uzbekistan tahun 980. Dia dikenal sebagai peletak dasar ilmu kedokteran. Karya Ibu Sina yang sangat terkenal adalah Qanun fi Thib. Qanun fi Thib ini menjadi referensi di bidang kedokteran selama berabad-abad.

Ketika remaja, dia terpengaruh dengan karya Aristoteles. Pada usia 16 tahun, Ibnu Sina menjalani kuliah di bidang kedokteran. Kemudian dia lulus ketika berusia 18 tahun. Ibnu Sina terkenal dengan kemampuannya mengobati pasien dan tanpa dikenakan biaya. Diketahui, Ibnu Sina telah menulis lebih dari 200 buku kedokteran serta filsafat.

Maria Montessori

Maria Montessori merupakan seorang pendidik, ilmuwan serta dokter. Dia dilahirkan pada Agustus 1970 di Italia. Montessori adalah wanita pertama di Italia yang mendapatkan pelatihan untuk menjadi seorang dokter. Di sanalah dia bertemu dengan anak-anak yang memicu semangatnya untuk berkiprah di bidang pendidikan.

Salah satu karya dari Maria Montessori adalah dia menciptakan metode Montessori. Metode Montessori merupakan metode pendidikan yang membantu anak mencapai potensinya dalam kehidupan. Metode ini menekankan keaktifan serta kemandirian anak dengan konsep pembelajaran langsung melalui praktik dan permainan kolaboratif.

Jean Piaget

Jean Piaget adalah seorang psikolog asal Swiss yang berkecimpung di psikologi perkembangan anak. Salah satu teori Jean Piaget yang terkenal adalah genetic epistemology. Genetic epistemology menjelaskan mengenai perkembangan kognitif seorang individu.

Ketika menyusun teori ini, Piaget mengobservasi sang anak. Dari hasil observasi tersebut, Piaget menerbitkan beberapa buku mengenai perkembangan anak, mulai dari bahasa muncul hingga proses moral seorang anak.

Diolah dari berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini