Share

Negara-Negara yang Menjadi Tujuan Belajar Para Tokoh Indonesia, dari Jerman hingga Inggris

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 16 Januari 2022 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 65 2531097 negara-negara-yang-menjadi-tujuan-belajar-para-tokoh-indonesia-dari-jerman-hingga-inggris-Rkd4oZebaS.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah impian banyak orang, termasuk anak-anak muda Indonesia. Mengenyam pendidikan ke negara-negara tertentu rupanya sudah dilakukan para tokoh penting Indonesia bahkan sejak masa sebelum kemerdekaan.

Berikut adalah negara yang menjadi tujuan para tokoh Indonesia.

Jerman

Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie menempuh pendidikannya hingga jenjang doktoral di Jerman. Bukan tanpa alasan, Jerman dipilih karena memiliki keunggulan dalam bidang teknik. Seperti diketahui, Habibie adalah seorang jenius di bidang teknik yang berfokus pada pengembangan pesawat.

Pola pendidikan di negara itu memang terkenal sangat baik, sebab pemerintah pusatnya memiliki kerja sama yang erat dengan pemerintah negara bagian demi mengawasi jalannya kegiatan akademik di Jerman.

Baca juga: Nilai Rata-Rata Rapor SNMPTN UGM, Siswa Eligible Silakan Cek!


Baca juga: Ini 7 Cara Ajari Anak SD Belajar Berhitung Cepat

Dalam sebuah kajian bertajuk ‘Konsep Pendidikan Jerman dan Australia; Kajian Komparatif dan Aplikatif Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia’, Jerman sangat meningkatkan mutu pendidikannya ketika kalah dalam Perang Dunia II.

Model pembelajaran di perguruan tinggi negara tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, seperti perkuliahan, seminar, dan latihan. Sistem ujiannya pun cukup berbeda, yakni melalui ujian lisan. Meskipun ada pula ujian tertulis.

Amerika Serikat

Amerika Serikat juga merupakan negara yang menjadi tujuan belajar banyak tokoh Tanah Air. Sebut saja Susilo Bambang Yudhoyono, Nadiem Makarim, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Erick Tohir, dan Andika Perkasa pernah mengenyam pendidikan di AS. Negara ini banyak dipilih karena memiliki lingkungan yang sangat multikultural.

Seperti yang diketahui, AS adalah rumah bagi jutaan pelajar yang berasal dari seluruh dunia. Di samping itu, negeri ini juga diisi oleh sederet universitas bergengsi, seperti Colombia University, Stanford University, dan Harvard University.

Inggris

Negara lain yang menjadi tujuan studi tokoh-tokoh di Indonesia adalah Inggris. Tito Karnavian, Pratikno, dan Ahmad Fuadi adalah segelintir orang penting negeri ini yang pernah mengenyam pendidikan di negeri Ratu Elizabeth II itu.

Sama seperti AS, Inggris juga merupakan negara tujuan kuliah bagi mahasiswa dari berbagai negara di dunia. Negara ini memiliki standar pengajaran yang sangat tinggi disertai jurusan kuliah yang sangat beragam.

Terlebih, Inggris membebaskan mahasiswanya untuk berkuliah sembari bekerja. Hal ini tentunya mampu meningkatkan kemampuan para mahasiswa.

Belanda

Satu lagi negara yang dijadikan tujuan belajar tokoh Indonesia adalah Belanda. Muhammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Tan Malaka adalah tokoh-tokoh penting Indonesia lulusan negara tersebut. Sedari dulu, Belanda memang terkenal memiliki sistem pendidikan yang mumpuni. Berdasarkan informasi dalam artikel penelitian ‘Melihat Sistem Pembelajaran Berdasar Negara Belanda’, negara ini masuk ke dalam daftar 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Belanda berkomitmen untuk benar-benar mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan meringankan biaya pendidikan dan mencetak para intelektual muda. Hal itu pula yang menjadikan negara ini memiliki tingkat pengangguran yang amat rendah.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI


1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini