Share

Gandeng Unesa, Dindik Jawa Timur Perkuat Skill Siswa SMK

Lukman Hakim, Koran SI · Rabu 22 Desember 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 65 2520827 gandeng-unesa-dindik-jawa-timur-perkuat-skill-siswa-smk-aYDO9UVPBo.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Lukman Hakim)

SURABAYADinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur (Jatim) menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama untuk 837 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Jatim dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, perjanjian merupakan implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. "Hari ini dilakukan penandatanganan MoU antara kepala dinas dan pak rektor Unesa bahwa dari 2.181 SMK di Jawa Timur, 837 diantaranya akan melakukan MoU dengan pembimbing tim Unesa yang punya 12 prodi vokasi," kata Khofifah di kampus Unesa, Surabaya, Selasa (21/12/2021).

Menurut Khofifah, kerjasama tersebut menjadi penting bagi Pemprov Jatim. Sebab, format magang dan merdeka belajar membutuhkan ruang yang lebih luas bagi siswa SMK. "Saya berharap ini menjadi percepatan dari penguatan skill yang dimiliki anak-anak SMK yang ada didalam koordinasi Pemprov Jatim," tegasnya.

Baca juga:  Perdana di Masa Pandemi, Unesa Gelar Lomba Berkuda Tunggang Serasi

Sementara itu, Rektor Unesa, Prof Nur Hasan menjelaskan, ada beberapa bidang yang akan difokuskan dalam kerjasama ini. Diantaranya pada bidang pendidikan yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kemudian dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB), Unesa memberikan kuota 25 persen untuk lulusan SMK di Jatim.

 Baca juga: Garnesa Racing Team Unesa Sabet Juara 1 Kontes Mobil Hemat Energi 2021

“Kami juga ada beasiswa khusus untuk siswa berprestasi. Selanjutnya, magang mahasiswa atau calon guru di lembaga SMK. Kami juga memfasilitasi adanya pelatihan dan pengembangan bagi guru dan tenaga kependidikan termasuk pengawas sekolah," urai Nur Hasan

Kepala Dindik Jatim, Wahid Wahyudi menambahkan, dari 837 SMK, rinciannya 296 SMK negeri dan 541 SMK swasta. Sejumlah SMK ini akan menjalin kerja sama dengan empat fakultas di Unesa. Diantaranya, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Bahasa dan Seni serta Fakultas Vokasi.

"Saat ini masing-masing SMK menjalin kerjasama dengan satu fakultas. Untuk tahap selanjutnya akan menyesuaikan dengan linieritas kompetensi keahlian dan fakultas di Unesa," tandas Wahid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini