Bisakah Belatung Jadi Pakan Kucing? Simak Penjelasan Mahasiswa UGM Ini

Tim Okezone, Okezone · Selasa 30 November 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 65 2509285 bisakah-belatung-jadi-pakan-kucing-simak-penjelasan-mahasiswa-ugm-ini-ZvxvJrbSQd.jpg Illustrasi (foto: instagram)

JAKARTA - Belatung sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan yang biasa ditemukan di tempat sampah. Banyak yang bertanya-tanya apakah belatung adalah pilihan yang baik untuk diberikan kepada kucing ketika makanan biasa mereka telah habis, dan kamu tidak bisa keluar untuk membeli apapun pada saat itu.

Tangan dingin empat orang mahasiswa Peternakan UGM yang terdiri dari Mira Tsurayya Masruroh, Iqbal Wahdan Salsabil, Fariz Jordan Fadillah, dan Dina Puspitasari berhasil menjawabnya dengan mengolah belatung lalat maggot black soldier fly (BSF) menjadi pakan kucing. Pakan kucing tersebut diberi nama Got Meat.

“Got Meat hadir sebagai solusi pakan kucing yang memiliki kandungan protein tinggi, namun tetap terjangkau serta mampu meningkatkan kesejahteraan petani lokal,” ungkap Iqbal Wahdan Salsabil, Senin (29/11).

Baca juga:  UGM Ciptakan Instalasi Seni Teknologi Mikroalga

Dilansir dari kanal Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Lalat BSF atau Lalat Tentara Hitam merupakan ordo diptera yang ciri fisiknya mirip dengan tawon. Di Indonesia sendiri, larva dari lalat hitam ini mulai dilirik untuk dikembangkan karena beragam manfaat yang diperoleh.

Berdasarkan hasil penelitian Iqbal dan rekannya, larva lalat BSF mengandung protein (31,6%), lemak (16,7%), serat (2,9%), dan kadar air (5%). Selain kaya akan gizi, pakan hewan ini diolah dengan berbagai varian seperti mackerel, chicken & vegetables recipe yang menyasar tingkatan usia kucing dewasa.

Baca juga:  Biaya Kuliah Jurusan Hukum UGM, Calon Pengacara Wajib Simak!

Iqbal berujar, hampir keseluruhan produk pakan kucing di pasaran juga didominasi oleh industri asing. Dengan adanya inovasi yang dilakukan mahasiswa UGM diharapkan masyarakat memiliki pilihan pakan kucing yang berkualitas dan terjangkau. (Alvin Agung Sanjaya)

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini