Share

Anak IPS Perlu Tahu, 10 Jurusan Paling Diminati Saat Kuliah

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Senin 15 November 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 623 2502119 anak-ips-perlu-tahu-10-jurusan-paling-diminati-saat-kuliah-GkoRo4ZPxi.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Begitu banyak pilihan jurusan di perguruan tinggi kadang membuat bingung calon mahasiswa baru. Terutama bagi lulusan IPS yang ingin mendapat jurusan linier dengan apa yang dipelajarinya di sekolah. Berikut ini adalah 10 jurusan bagi anak IPS yang paling diminati.

Berbeda dengan anak IPA, anak IPS biasanya lebih senang hafalan daripada rumus-rumus matematika atau sains lainnya. Cenderung lebih banyak mempelajari ilmu sosial pun menyebabkan mereka berjiwa sosial tinggi dan komunikatif.

Lalu apa saja jurusan yang cocok bagi anak IPS? Agar tidak salah pilih jurusan simak dulu ulasan 10 jurusan untuk anak IPS yang telah dirangkum dari laman resmi Go Kampus di gokampus.com, Senin (15/11/2021) berikut ini.

1. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang pertama adalah jurusan Psikologi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Tidak jarang mahasiswa psikolog dianggap sebagai cenayang karena bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Prospek jurusan psikologi terbuka mulai dari menjadi HRD, peneliti dan juga psikolog.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, dari Filsafat hingga Hubungan Internasional

2. Jurusan Sastra

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan sastra. Kalau senang belajar bahasa baru, jurusan sastra cocok jadi pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS. Anak sastra tidak hanya belajar bahasa Inggris saja namun juga belajar bahasa negara lain yang makin populer seperti Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya.

Pilih sastra mana yang sesuai dengan minat dan dapatkan prospek kerja yang mengagumkan seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar.

Baca juga: Mengenal Jurusan Statistika: Definisi, Mata Kuliah hingga Peluang Kerja

3. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional juga biasa menjadi tujuan lulusan anak IPS yang tertarik dengan politik luar negeri. Sebab jurusan ini bisa dibilang termasuk salah satu jurusan IPS yang paling bergengsi karena selalu jadi incaran banyak pelajar Indonesia.

Mahasiswa HI akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Sejumlah profesi mentereng bisa dipilih lulusan ini seperti pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ilmu Dasar, Apa Saja Kelebihannya?

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Anak muda sekarang sudah banyak yang tidak menjadi karyawan namun berani membuka lapangan kerja baru. Itu sebabnya jurusan ini cocok bagi anak IPS yang ingin menjadi pebisnis atau entrepreneur atau pebisnis.

Namun jurusan ini tidak hanya membuka wawasan untuk berbisnis tetapi juga memiliki prospek kerja menarik di masa depan. Mereka akan mempelajari tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya. Rintisan karir yang bisa ditekuni seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Universitas Brawijaya, Mulai Rp500.000

5. Jurusan Jurnalistik/Broadcasting

Dunia pertelevisian dan media massa yang semakin pesat membutuhkan orang-orang kreatif di dalamnya. Itu sebabnya jurusan jurnalistik/broadcasting tingkat persaingan menjadi mahasiswa jurusan ini selalu ketat di sejumlah perguruan tinggi.

Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah.

Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

6. Jurusan Ilmu Politik

Kalau jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini cocok banget bagi mereka yang ingin menjadi anggota parlemen atau politisi. Ilmu politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni karena akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM) juga sistem politik luar negeri.

Meskipun terdengar berat, tapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini tidak hanya membawa lulusannya menjadi politikus saja, dengan minat dan bakat yang cukup lulusannya bisa menjadi analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

Baca juga: Daftar Passing Grade UNY, Bisa Bantu Kamu Tentukan Jurusan Kuliah!

7. Jurusan Sosiologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan ilmu sosiologi. Ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan yang lainnya serta bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk di dalam masyarakat.

Lulus sebagai mahasiswa sosiologi, pastinya akan lebih banyak mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat, seperti dosen atau peneliti, bergabung dengan lembaga-lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.

Baca juga: 3 Cerita Unik Mahasiswa Kedokteran, Nomor 3 Jasad Kawan Jadi Bahan Praktikum

8. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang dan familiar. Tidak heran kalau jurusan ilmu Hukum punya banyak banget peminatnya. Ilmu hokum akan memberi mahasiswanya ilmu mengenai hukum pidana dan perdata, hukum pajak, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang, dan lain-lainnya.

9. Jurusan Administrasi Fiskal

Meski terbilang masih asing namun jurusan ini memiliki prospek karir menjanjikan di masa depan. Jurusan administrasi fiscal ini cocok bagi anak IPS yang tertarik belajar mengenai seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara termasuk perpajakan dan kebijakan fiskal.

Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas, misalnya menjadi dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS, dan berbagai profesi lain untukmu.

Baca juga: Biaya Kuliah UGM untuk Jurusan Kedokteran, Simak Hitung-hitungannya!

10. Jurusan Manajemen Perhotelan

Buat kamu yang suka dengan bahasa inggris dan mau berkarir di bidang pariwisata/perhotelan, mengambil jurusan manajemen perhotelan bisa menjadi pilihan.

Mahasiswa manajemen perhotelan akan mempelajari segala hal tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan akomodasi. Jangan khawatir soal prospek karir karena bidang yang bisa digeluti selepas lulus juga luas, seperti perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manager penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

Demikian 10 jurusan bagi anak IPS yang banyak diminati. Jika ada yang cocok, segera cari info tambahan di perguruan tinggi yang ingin dituju.

Baca juga: Daftar Passing Grade Unpad, Kamu Wajib Tahu!

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini