Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, dari Filsafat hingga Hubungan Internasional

Mohammad Adrianto S, Okezone · Jum'at 01 Oktober 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 65 2478676 jurusan-kuliah-untuk-anak-ips-dari-filsafat-hingga-hubungan-internasional-Z2BDHc0Z24.jpg Jurusan kuliah untuk anak IPS. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jurusan kuliah untuk anak IPS amat beragam. Terdapat banyak pilihan bagi siswa-siswa IPS untuk memilih jurusan kuliah setelah lulus SMA.

Di Universitas Indonesia misalnya, terdapat setidaknya hampir 30 jurusan tersedia bagi anak IPS. Apa saja jurusan-jurusan itu? Simak pembahasan berikut, berikut penelusuran Edukasi Okezone.

Baca juga: Punya Passion di Bidang Makanan? Ini 7 Jurusan Seru yang Bisa Dilirik


Baca juga: Terungkap! Amerika Ternyata Payah dalam Ilmu Matematika dan IPA

Jurusan Ilmu Ekonomi

Dalam Jurusan Ilmu Ekonomi, mahasiswa akan mempelajari hal-hal seperti upaya pengalokasian sumber daya terbatas untuk meraih keuntungan optimal. Selain itu, mereka juga akan mempelajari cara melakukan pemberdayaan ekonomi.

Jurusan Bisnis

Di Jurusan Bisnis nantinya akan mempelajari proses pemasaran produk, pembukuan, pengelolaan keuangan, dan hal-hal lain berkaitan keberlanjutan dari suatu usaha. Jurusan Bisnis juga membantu memahami kebutuhan pelanggan dan cara mengiklankannya.

Jurusan Akutansi

Jurusan Akutansi mempelajari ilmu terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan, untum membantu proses pengambilan keputusan, khususnya dalam keuangan. Akuntansi juga berkaitan erat dengan angka. Tetapi, akutansi perlahan diketahyi juga sangat dipengaruhi oleh tingkah laku manusia.

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen mempelajari informasi mengenai kegiatan perusahaan. Manajemen sendiri memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Dalam manajemen, terdapat proses pengelolaan tertentu yang perlu diperhatikan, membuat ilmu manajemen terus berkembang dan harus dipelajari lebih spesifik.

Jurusan Ekonomi Syariah

Pelajaran yang terdapat di Jurusan Ekonomi Syariah secara umum, Jurusan Ekonomi pada umumnya. Perbedaannya terletak di pengkajian prinsip-prinsip ekonomi sesuai dengan syariah Islam, yaitu bersumber dari Al-Qur’an, hadis, beserta kaidah-kaidah fiqih turunannya.

Jurusan Hukum

Jurusan Ilmu Hukum mempelajari berbagai sistem hukum terkait dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis. Ilmu Hukum, juga akan mendapat ilmu tentang perundang-undangan seperti hukum dasar, mulai dari konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hingga hukum tata pidana, maupun hukum internasional dengan cakupan luas.

Jurusan Ilmu Administrasi

Jurusan Ilmu Administrasi mempelajari aspek perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian suatu perusahaan supaya perusahaan tersebut bisa mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan sering mengkaji berbagai kebijakan di sektor bisnis, publik, atau fiskal.

Jurusan Administrasi Negara

Jurusan Administrasi Negara umumnya mempelajari bagaimana negara atau pemerintah melayani rakyat. Tidak hanya itu,di jurusan ini juga mempelajari cara meninjau administrasi di dunia bisnis, kemasyarakatan, dan kebijakan publik.

Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis atau juga dikenal sebagai Administrasi Niaga mencakup berbagai bidang yang luas. Tidak hanya sebatas mempelajari menjalankan bisnis atau perusahaan tetapi juga termasuk mengembangkan sebuah produk, hingga mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan operasional bisnis sebuah perusahaan dengan berbagai pendekatan strategis.

Jurusan Arkeologi

Dalam Jurusan Arkeologi, mahasiswa akan mempelajari budaya manusia dari berbagai jaman dengan menggabungkan ilmu Sejarah dan Geologi. Mereka juga akan membahas peristiwa di masa lampau, mengkaji peninggalan purbakala, serta mempelajari artefak kuno, mulai dari cara menemukan hingga memperkirakan usia artefak tersebut.

Jurusan Filsafat

Di Jurusan Filsafat, mahasiswa mempelajari cara berpikir dan melatih mempertanyakan suatu keadaan. Mahasiswa juga akan belajar membangun dan memperkuat fondasi pandangan secara terbuka mengenai permasalahan di dunia ini.

Jurusan Sastra & Bahasa Asing

Mahasiswa Jurusan Sastra & Bahasa Asing mempelajari ilmu sastra dan bahasa dari berbagai negara di dunia, seperti Inggris, Jepang, Korea, Cina, Perancis, Belanda, Jerman, Rusia, hingga Arab. Mahasiswa juga akan mempelajari sejarah serta proses perekonomian negara-negara tersebut.

Jurusan Sastra & Bahasa Daerah

Dalam Jurusan Sastra & Bahasa Daerah, nantinya akan mempelajari sastra dan bahasa daerah yang ada di Indonesia, mulai dari Jawa, Sunda, Bali, Melayu, Batak, Minangkabau, Bugis, dan bahasa daerah lainnya. Di jurusan ini, mahasiswa juga mempelajari norma dan kaidah dasar pengkajian sastra, bahasa, serta filologi, serta penafsiran teks dari berbagai jaman dan tradisi masyarakat.

Jurusan Sastra Arab

Di Jurusan Sastra Arab mahasiswa ditargetkan untuk terampil berbicara, menulis, dan mendengarkan dengan bahasa Arab. Di sini, merekanmempelajari sastra, bahasa, maupun kebudayaan Arab secara mendalam, mulai dari tata bahasa (Nahwu dan Sharaf), terjemahan, kajian terhadap karya sastra (manuskrip, puisi, prosa, syair Arab) kaligrafi, diplomasi, bahkan jurnalistik.

Jurusan Sastra Indonesia

Mahasiswa Sastra Indonesia mempelajari berbagai karya tulis seperti puisi, prosa, cerita, novel, naskah, dan karya lainnya. Mereka nantinya juga akan mengkaji untuk mengetahui latar belakang dari ide dan karya seniman. Ada pula bibliografis yang mempelajari tentang penampilan dan formasi buku, serta penulisan kreatif dan penyuntingan.

Jurusan Sastra Inggris

Dalam Jurusan Sastra Inggris, mahasiswa mempelajari Bahasa Inggris dari segi linguistik dan sastra. Untuk itu, mereka biasanya melakukan banyak kajian terhadap berbagai karya, seperti puisi, prosa, novel drama, maupun film. Mahasiswa juga akan membahas kebudayaan negara-negara yang bahasa utamanya Bahasa Inggris.

Jurusan Sejarah

Mahasiswa di Jurusan Sejarah mempelajari semua hal terkait dengan sejarah, mulai dari geografi sejarah, sejarah kerajaan nusantara, sejarah dunia, sejarah Indonesia, dan sebagainya. Ilmu sejarah sendiri berkaitan dengan kehidupan manusia, seperti politiknya, sosial, budaya, bahasa, ekonomi, hingga militer.

Jurusan Sastra Korea

Fokus utama Jurusan Sastra Korea mencakup hal seperti budaya, adat, kebiasaan, hingga sejarah Korea. Tentunya, jurusan ini akan mempelajari bahasa Korea mulai dari cara bicara, menulis, membaca, mendengarkan percakapan, hingga pelafalan dialek dari setiap daerah dengan pembahasan utama yakni fonologi, linguistik, dan fonetik.

Jurusan Sastra Jepang

Jurusan Sastra Jepang akan membimbing mahasiswanya untuk mempelajari semua yang berkaitan dengan negara Jepang, mulai dari bahasa, karya sastra, budaya, dan sejarahnya. Tantangan utama mahasiswa Jurusan Sastra Jepang adalah menulis huruf Jepang atau Kanji.

Jurusan Antropologi

 

Dalam Jurusan Antropologi, mahasiswa ciri-ciri dan kesamaan dari suatu masyarakat dan kebudayaan melalui penelitian mulai dari bahasa dan agama di dunia, hak asasi manusia, upacara adat, pola pikir, kemasyarakatan, etika, budaya, dan faktor lainnya.

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional berkaitan erat dengan upaya suatu negara menghadapi tantangan internasional. Mahasiswa akan mempelajari isu-isu seperti ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu keamanan, masalah lingkungan secara global, dan kemiskinan melalui kerja sama antar-negara.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial. Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antara manusia dengan manusia lain dalam bermasyarakat.

Jurusan Ilmu Politik

Di Jurusan Ilmu Politik, mahasiswa akan mengkaji gejala maupun fenomena sosial politik sehingga nantinya mampu menggunakan teori-teori ilmu politik untuk memberikan solusi terkait permasalahan sosial politik.

Jurusan Kesejahteraan Sosial

Jurusan Kesejahteraan Sosial mengajarkan mahasiswanya pengetahuan-pengetahuan menganai pekerjaan sosial, nilai, prinsip, dan etikanya. Kamu juga akan belajar kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat lokal, nasional, dan internasional

 

Jurusan Sosiologi

Dalam Jurusan Sosiologi, mahasiswa membahas perilaku sosial antar individu, antar kelompok, maupun antara individu dan kelompok. Mereka juga membicarakan "apa itu masyarakat", serta mempelajari struktur dan karakter masyarakat, problematika masyarakat, fenomena sosial, dan gerakan masyarakat menggunakan metode survei sosial seperti kuisioner, statistik, analisis dari hasil survei.

Jurusan Kriminologi

Mahasiswa di Jurusan Kriminologi akan dibekali berbagai faktor penyebab timbulnya kejahatan. Maka dari itu, kriminologi memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu lainnya mulai dari sosiologi, psikologi, psikiatri, ekonomi, sejarah, biologi, geografi, antropologi, filsafat, politik, hukum, hingga ilmu jurnalistik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini