Punya Passion di Bidang Makanan? Ini 7 Jurusan Seru yang Bisa Dilirik

Neneng Zubaidah, Koran SI · Minggu 19 September 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 19 65 2473603 punya-passion-di-bidang-makanan-ini-7-jurusan-seru-yang-bisa-dilirik-JBcjYAL0oG.jpg Ilustrasi. (Foto: Corbis)

JAKARTA - Setiap orang memiliki kegemaran akan sesuatu yang berbeda-beda. Ada yang suka di bidang sastra, hukum, ekonomi hingga kedokteran. Hal inilah yang biasanya menuntun calon mahasiswa untuk memilih salah satu jurusan di kampus yang dipilihnya.

Salah satu yang menarik minat saat ini di bidang makanan misalnya. Untuk menjadi koki saja, dunia pertelevisian menghadirkan banyak tayangan ajang pencarian bakat untuk menjadi koki ternama. Banyak pula tayangan yang menampilkan kuliner khas dari mancanegara dan juga penganan local nusantara yang menarik untuk dicoba.

BACA JUGA:  7 Tips Berbisnis Kuliner untuk Pemula di Masa Pandemi

Tidak hanya jenis makanan yang memiliki ragam perbedaan yang menarik disimak, namun juga bagaimana teknik memasak, cara memilih bahan yang tepat hingga bisnis kuliner juga menarik untuk dipelajari lebih lanjut di perguruan tinggi.

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Sabtu, (18/9/2021), berikut ini adalah 7 jurusan di perguruan tinggi yang bisa menjadi referensi bagi para pecinta makanan.

1. Tata Boga 

Mau belajar tentang berbagai macam masakan? Jurusan Tata Boga cocok banget untuk kamu yang tertarik dengan makanan. Di sini berbagai macam masakan mulai dari appetizer atau makanan pembuka, main course atau makanan utama dan dessert atau makanan penutup bisa dipelajari.

Selain belajar tentang masak-memasak, kamu juga akan belajar tentang bagaimana mempertahankan kualitas rasa dan estetika sebuah masakan. Tak hanya itu, mahasiswa jurusan ini juga akan banyak belajar mengenai kebutuhan gizi yang harus didapatkan seseorang dari makanan, termasuk kebersihan, sanitasi, dan pelayanan.

BACA JUGA: Jurusan Kuliah Tentukan Masa Depan, Simak Tips untuk Maba 

2.Baking and Pastry Art

Ini jurusan yang cocok bagi para penyuka kue ataupun roti. Jurusan yang satu ini memang mirip dengan Tata Boga. Hanya saja jika di prodi Tata Boga akan mempelajari berbagai macam masakan, di prodi ini akan fokus dalam membuat kue-kue, roti, atau dessert lainnya. 

Kamu juga akan belajar pengetahuan dasar tentang patiseri termasuk tentang bahan utama, teknik pengolahan, penggunaan alat, dan lainnya. Selain itu, juga akan diajari bagaimana cara membuat aneka kue dan roti bercita rasa tinggi serta juga teknik menghiasnya.

3 Bisnis Kuliner

Tidak hanya fashion, tapi akanan juga memiliki tren yang sangat cepat berganti. Banyak sekali, tren makanan yang hanya bisa bertahan selama beberapa tahun sebelum akhirnya kembali digantikan dengan makanan lain. Nah untuk itu, kamu perlu belajar tentang Bisnis Kuliner. 

Prodi ini akan mengajarkan banyak hal terkait manajemen bisnis, pengetahuan tentang makanan, statistika, akuntansi, perpajakan, dan lainnya. Lulus dari jurusan ini, bisa langsung bikin restoran sendiri sebab banyak hal yang bisa dipelajari tentang mengelola restoran.

4. Teknologi Pangan

Bahan baku adalah bagian paling penting dalam proses pembuatan makanan. yang digunakan. Maka, penting untuk kamu belajar di Teknologi Pangan. Jurusan ini adalah disiplin ilmu yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan baku, khususnya bahan pangan setelah bahan tersebut dipanen.

Mahasiswa jurusan ini akan belajar banyak tentang seluk-beluk makanan termasuk tentang pengawetan makanan, pemrosesan makanan, pengemasan makanan, hingga distribusi makanan. Kamu juga akan belajar memilih bahan pangan dan kandungan gizinya.

5. Seni Kuliner 

Jurusan yang juga kerap disebut dengan nama culinary art ini mengajarkan teknik pembuatan masakan dari berbagai negara. Kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang bahan-bahan pembuatan masakan, proses pengolahan, cara menggunakan alat-alat dan mesin di industri kuliner, dan lain sebagainya. Kamu juga akan diajarkan tentang teknik penyajian makanan dengan kualitas hotel berbintang.

6. Gastronomi Kuliner 

Mungkin jurusan yang satu ini belum cukup umum di tengah masyarakat. Gastronomi molekuler adalah cabang ilmu pengetahuan untuk mempelajari transformasi kimia dan fisika pada makanan. Saat kamu belajar membuat makanan dengan prinsip gastronomi molekuler, kamu akan menggunakan berbagai macam peralatan yang biasanya kamu temui di laboratorium. Salah satu restoran di Jakarta Selatan sudah menggunakan konsep ini yaitu Namaaz Dining.

7. Ilmu Gizi 

Jurusan ini cocok untuk kamu yang cinta dengan makanan dan peduli dengan kandungan gizi pada setiap makanan. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan merasakan manfaat besar bagi diri kamu sendiri karena akan lebih sadar mengenai betapa pentingnya kesehatan dan kandungan gizi makanan. 

Demikian 7 jurusan dibidang makanan yang bisa menjadi peluang karir menjanjikan di masa depan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini