Indonesia Berpotensi Hasilkan Banyak Tenaga TIK

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 09 November 2016 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 09 65 1537111 indonesia-berpotensi-hasilkan-banyak-tenaga-tik-cd3ffthduf.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia pasti memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya, Indonesia berpotensi menghasilkan banyak tenaga di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Kelompok Keilmuan Rekayasa Perangkat Lunak dan Data Sekolah Teknik Elektro dan Informasi ITB, Dr Ir MM Inggriani Liem, menuturkan bahwa Indonesia berpotensi menghasilkan banyak tenaga di bidang TIK.

“Saat ini di dunia sangat kekurangan tenaga TIK. Dengan bonus demografi ini, Indonesia berpotensi menghasilkan banyak tenaga TIK,” ungkapnya di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (9/11/2016).

Inggriani menjelaskan bahwa di Indonesia, khususnya dalam dunia pendidikan, masih banyak terjadi gap terkait teknologi. “Kita harus bisa menyelesaikan agar tidak ada perbedaan antara perempuan dan pria untuk belajar. Tidak ada alasan siswa di desa tidak bisa ujian karena tidak ada teknologi,” imbuhnya.

Bagi siswa yang tinggal di kota, mudah bagi mereka untuk mendapatkan akses ke internet maupun teknologi. Bahkan, mereka bisa mengikuti kursus.

“Itu sebabnya kadang kita sulit memberikan pemahaman kepada siswa yang tinggal di kota seperti saat mengikuti kompetisi, karena kami mencari yang memiliki potensi. Marilah kita bersama-sama untuk memajukan dunia TIK,” tambahnya. (afr)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini