Share

Hafal Alquran 20 Juz, Hamzah Dapat Penghargaan Rektor UMI

Salviah Ika Padmasari, Okezone · Rabu 24 Juni 2015 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 24 65 1170620 hafal-alquran-20-juz-hamzah-dapat-penghargaan-rektor-umi-wk3dBkM5md.jpg Ilustrasi: aktivitas membaca Alquran di masjid Istiqlal. (Foto: dok. Okezone)

MAKASSAR - Hamzah (20), mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar merupakan penghafal Alquran. Berkat prestasinya menghafal 20 juz Alquran, Hamzah pun diganjar penghargaan dari Rektor UMI Prof Hajjah Masrurah.

Penghargaan tersebut diberikan kepada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam ini di tengah rapat senat luar biasa dengan acara tunggal Milad ke 61 UMI, hari ini. Selain Hamzah, rektor juga memberikan penghargaan kepada civitas akademika lain yang dinilai berjasa dan cukup pengabdian di kampus yang berdiri sejak 1954 itu.

Sebelumnya, Hamzah adalah santri Pondok Pesantren Nurul Junaidyah di Kabupaten Luwu Timur, Sulsel. Dia terdaftar sebagai mahasiswa UMI sejak 2013. Ketertarikannya terhadap ilmu-ilmu Islam dilanjutkan dengan memilih Fakultas Agama Islam dan mendalami Alquran di Asrama Tahfidz - Lanraki binaan UMI sejak masih berstatus mahasiswa baru.

Di asrama ini, Hamzah dibimbing langsung satu pembina, Dr Agus. Dosen Sastra Arab UMI itu juga merupakan penghafal Alquran 30 juz. Kurang lebih dua tahun dalam gemblengan Dr Agus, Hamzah berhasil menghafal 20 juz Alquran.

"Saya berikhtiar bisa selesaikan 30 juz dua tahun lagi," ujar Hamzah, yang ditemui usai terima penghargaan.

Di antara lembar penghargaan yang diterimanya, tertulis nominal Rp1 juta, uang saku yang juga diberikan kampus kepada Hamzah. Mahasiswa semester V itu tidak punya tips khusus untuk menjaga hafalan Alquran. Menurutnya, cukup rajin mendaras dan murojjaah.

"Saya setiap malam menghafal satu halaman Alquran, kemudian diperhadapkan ke Ustadz Dr Agus tiap subuh," tuturnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini