Share

Tim KKN UGM dan Okezone Gelar Workshop Digitalisasi Informasi di Desa Candi

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 25 Januari 2023 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 65 2753011 tim-kkn-ugm-dan-okezone-gelar-workshop-digitalisasi-informasi-di-desa-candi-aqt9UpKfqt.JPG Tim KKN UGM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi salah satu kegiatan seru di kalangan mahasiswa. Apalagi setelah angka Covid-19 turun, para mahasiswa bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat sekaligus mengimplementasi ilmu di bangku kuliah.

Tidak terkecuali, Universitas Gadjah Mada (UGM). Bekerja sama dengan Okezone.com, kampus negeri tersebut menggelar KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Projek ini adalah bagian proses pembelajaran bagi mahasiswa D4, S1, dan profesi di Universitas Gadjah Mada yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil-hasil penelitian. Kali ini desa yang disasar adalah Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

kkn

Pada KKN PPM UGM di Desa Candi ini, para mahasiswa membawa misi kekinian yaitu digitalisasi desa melalui Workshop Kepemimpinan dan Digitalisasi bagi Pemuda Desa Candi 2022. Sesuai dengan namanya, Workshop Kepemimpinan dan Digitalisasi bagi Pemuda Desa Candi 2022 merupakan acara yang diadakan dalam rangka melatih pemuda sebagai generasi penerus untuk melakukan branding desa Candi melalui digitalisasi informasi, dalam hal ini berupa website dan media sosial.

Workshop ini merupakan penutup dari rangkaian program kerja Digitalisasi Informasi Desa Candi oleh mahasiswa KKN PPM UGM Periode IV Tahun 2022 Unit JT-131 Bandungan yang mencakup peliputan kegiatan masyarakat, pembuatan konten, dan pengelolaan media sosial.

Follow Berita Okezone di Google News

Acara workshop ini diisi oleh 4 orang pembicara serta dipandu oleh 1 master of ceremony (MC) dan 1 moderator. Pembicara puncak diisi oleh perwakilan Okezone sebagai mitra dan 3 orang perwakilan mahasiswa KKN PPM UGM yang akan membawa materi sesuai target dan arahan yang telah ditentukan. Adalah Rani Hardjanti selaku Wakil Pemimpin Redaksi Okezone.com yang hadir dalam kegiatan KKN PPM UGM Sabtu, 21 Januari 2023.

Pada kesempatan tersebut, Rani memaparkan Literasi Digital & Jurnalistik Dasar. Rani menceritakan proses transformasi teknologi media dari era Acta Diurna di zaman Romawi hingga saat ini adanya fenomena TikTok. Selain itu juga dipaparkan mengenai proses pembuatan berita dari proses peliputan hingga tayang di layar Handphone, Laptop dan PC.

"Bagaimana sih rasanya jadi wartawan online? Bisa diceritakan enggak dari awal hingga saat ini menjadi wartawan online?" tanya Marshanda Farah Noviana Sekolah Vokasi, Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi UGM.

Rani pun menjelaskan suka dan duka menjadi wartawan online sejak Okezone berdiri di mana penetrasi internet dan teknologi belum semasif saat ini.

"Okezone.com lahir tahun 2007, di mana belum ada Android. Handphone querty pun masih belum banyak dimiliki orang. Tapi kini, berbagai kalangan sudah menggunakan sentuhan teknologi," ujarnya.

Pada workshop itu, para mahasiswa juga menyampaikan sejumlah saran kepada pemuda Desa Candi dalam pengembangan potensi lokal. Pelatihan kemudian dilakukan dengan harapan adanya keberlanjutan dari program kerja yang diinisiasi oleh mahasiswa. Sehingga bisa diteruskan oleh masyarakat khususnya pemuda Desa Candi dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi serta kegiatan masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini