Share

Cara Jagung Berkembang Biak, Secara Generatif hingga Hasilkan Biji

Insan Kamil Rizqilillah, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 624 2723883 cara-jagung-berkembang-biak-secara-generatif-hingga-hasilkan-biji-DgQRzXG4Hz.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Jagung berkembang biak secara generatif dan menghasilkan biji. Jagung juga menggunakan bijinya sebagai alat perkembangbiakan secara generatif.

Biji untuk perkembangbiakan jagung dihasilkan dari pembuahan ovum dan sperma. Biji yang berada di dalam jagung merupakan calon tumbuhan baru dan bahan makanan untuk tumbuhan yang baru muncul.

Jagung sendiri membutuhkan kadar air yang cukup banyak, terutama saat memasuki masa pertumbuhan awal.

Jika kekurangan air akan menyebabkan hasil produksi dari tanaman jagung ikut menurun. Setiap varietas jagung memiliki kebutuhan kadar air yang berbeda-beda.

Namun, setiap hari tanaman jagung pada umumnya membutuhkan air sebanyak dua liter saat cuaca berangin dan panas.

Proses jagung berkembang biak diawali dengan ditanamnya biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari, tanaman akan mulai mulai muncul di permukaan tanah.

Follow Berita Okezone di Google News

Tanaman jagung terus akan bertumbuh hingga berukuran besar. Buah jagung yang berbentuk bak tongkol awal mulanya berbentuk sekuntum bunga.

Bunga jagung punya helai-helai rambut halus di bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari yang bakal terbawa angin saat angin bertiup.

Tepung sari yang terbawa oleh angin, sebagian akan jatuh di bagian kepala putik yang berada di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lainnya. Saat itulah perkembangbiakan tanaman jagung tengah berlangsung.

Selama proses pertumbuhan berlangsung, tanaman jagung membutuhkan intensitas sinar matahari yang cukup secara langsung untuk menunjang pertumbuhannya.

Penyinaran secara langsung akan mempengaruhi hasil produksi agar menjadi maksimal.

Bunga jagung akan terus berkembang sampai berubah menjadi buah jagung. Setelah berlangsung tiga bulan, buah jagung siap dipanen.

Buah jagung yang siap dipanen terlihat dari rambut jagung sudah berwarna kecoklatan dan tongkolnya sudah mengering.

Apabila buah jagung tersebut dikupas, akan terlihat biji jagung yang memiliki warna kekuningan. Bagian pada jagung yang dijadikan sebagai sumber makanan pokok manusia yaitu biji jagung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini