Share

Apa Itu Alpha Female? Begini Penjelasannya

Hasta Suci Purbaningsih, Presma · Selasa 06 Desember 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 65 2721682 apa-itu-alpha-female-begini-penjelasannya-IjWycTgmQp.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Istilah Alpha Female berawal dari ilmu yang mempelajari tingkah laku hewan. Di dalam dunia hewan terdapat strata kelompok, anggota kelompok yang dominan memimpin dan melindungi kelompoknya itulah yang disebut Alpha.

Anggota kelompok yang tingkatnya paling atas atau pemimpin disebut Alpha, karena Alpha merupakan huruf pertama alfabet Yunani. Status Alpha bisa dimiliki oleh jantan (Alpha Male) maupun betina (Alpha Female).

Kedua istilah tersebut populer dan digunakan untuk manusia. Dalam sebuah kelompok pasti ada satu orang yang dominan menggerakkan, memengaruhi yang lainnya, dan disegani.

Berdasarkan buku “The Alpha Girls’s Guide” karya Henry Manampiring, biasanya laki-laki yang menjadi pemimpin, karena laki-laki secara natural merupakan pemimpin. Ambisi, keberanian, kecerdasan, dan kekuatan untuk memengaruhi orang lain itulah yang menjadikan mereka meraih status Alpha Male.

Sama halnya dengan perempuan. Di mana pun kita bisa menemukan Alpha Female, seperti di kelompok kelas, di kantor, hingga di masyarakat. Mereka merupakan orang yang percaya diri, mandiri, berambisi, berprestasi, inspiratif, dan disegani oleh orang lain.

Alpha Female akan selalu ter-highlight di mana pun mereka berada, karena mereka sebagai penggerak dan pemimpin. Tak jarang laki-laki merasa minder dengan perempuan yang berstatus Alpha Female.

Status Alpha Female tidak bisa diklaim sendiri, melainkan didapatkan dari pengakuan anggota kelompok atau orang lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Istilah Alpha Female biasanya melekat dengan istilah Miss Independent. Apakah ada perbedaan antara keduanya? Tentu saja ada perbedaan makna. Alpha Female dapat dipastikan sebagai Miss Independent, tetapi belum tentu sebaliknya. Independen merupakan sifat dari seorang Alpha Female.

Namun, yang menjadi perbedaan yaitu Alpha Female mempunyai power atau kekuatan untuk memengaruhi orang lain, sehingga dapat menggerakkan orang lain untuk meraih goals-nya. Sedangkan Miss Independent hanya nyaman dan “merdeka” atas dirinya sendiri, tidak harus menjadi pemimpin atau memberikan pengaruh terhadap orang lain.

Apakah status Alpha Female itu bawaan lahir? Tidak juga. Banyak faktor lainnya yang berpengaruh terhadap status tersebut. Mungkin sebagian dari mereka memang ada yang sudah memiliki privilege genetik, seperti kecerdasan atau kecantikan.

Namun, nyatanya untuk mencapai posisi sebagai Alpha Female, mereka juga berusaha keras untuk memaksimalkan potensinya. Mereka pasti sangat menghargai waktu yang dimiliki untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan value mereka dan tidak akan bermalas-malasan.

Sehubungan dengan faktor-faktor tersebut, apakah semua perempuan bisa menjadi seorang Alpha? Tentu tidak. Semua orang memiliki perbedaan porsi bawaan lahir, seperti tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, dan faktor genetik lainnya yang pastinya tidak akan sama.

Kemudian, tidak semua perempuan memiliki ambisi yang kuat, konsistensi, dan kerja keras untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki hingga menjadi Alpha Female. Jadi, semua itu kembali lagi tergantung niat dari masing-masing individu ingin menjadi orang yang seperti apa.

Apakah ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja atau menjadi orang yang “berbeda”?

Hasta Suci Purbaningsih

Persma Literasi Mercubuana

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini