Share

3 Tips Memilih Tempat Magang yang Tepat dan Sesuai Harapan

Nur Fitriani, Presma · Jum'at 02 Desember 2022 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 65 2719348 3-tips-memilih-tempat-magang-yang-tepat-dan-sesuai-harapan-xTcrFxfsaG.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Sebagai mahasiswa, kita tidak hanya harus teliti dalam akademik pelajaran. Namun, dalam mencari tempat magang juga haruslah berhati-hati.

Karena belakangan ini banyak kasus eksploitasi mahasiswa berkedok magang.

Dalam dunia magang, terdapat istilah paid internship dan unpaid internship. Paid internship merupakan program magang berbayar sedangkan pada unpaid internship perusahaan tidak membayar peserta magangnya.

Kebijakan ini diatur oleh perjanjian awal sebelum menjalani kontrak magang.

Untuk itu, sebelum deal dengan kontrak magang yang akan dijalani, ada baiknya pastikan terlebih dahulu program magang yang akan diikuti sesuai atau tidak dengan kemauan kamu.

Di sisi lain, kamu perlu mengetahui cara memilih program magang yang tepat. Seperti apa kira kira? Simaklah pembahasan di bawah ini.

1. Memahami aturan sebelum memulai kontrak magang

 

Sebelum menjalani masa magang, kamu perlu mengetahui apa saja peraturan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut terhadap anak magang.

Follow Berita Okezone di Google News

Biasanya, di awal sebelum memulai kegiatan magang pihak perusahaan akan membuat perjanjian dengan peserta magang.

Untuk kamu yang akan melamar magang, ada baiknya cermati perjanjian perjanjian yang diberikan pihak perusahaan diawal sebelum memulai magang.

Pada program paid internship, biasanya perjanjian meliputi adanya kompensasi uang saku, lamanya jam kerja dalam satu hari, hingga sertifikat setelah selesai magang yang akan diberikan dari pihak perusahaan.

2. Cari informasi seputar manfaat yang akan didapat dari internship

Saat mencari informasi seputar manfaat, ada baiknya kamu sudah mempertimbangkan mengenai paid internship dan unpaid internship.

Biasanya keduanya memiliki beberapa perbedaan yang dapat disesuaikan dengan kesiapan masing masing orang.

Apakah ingin yang fleksibel atau yang semi karyawan tetap. Tidak hanya itu, kamu perlu mengetahui apakah ada pelatihan atau training selama menjalani magang tersebut atau tidak. Karena, ilmu juga diperlukan untuk pembelajaran bagi mahasiswa.

3. Pilih tempat magang yang memberikan manfaat untuk penunjang karier

Seperti yang sudah disinggung di atas, kebutuhan masing masing orang berbeda beda.

Ada yang membutuhkan uang, ada yang membutuhkan ilmu dan ada pula yang membutuhkan uang dan ilmu.

Pilihlah program magang sesuai kebutuhanmu. Apabila kamu tidak bisa mengikuti program magang berbayar, setidaknya pilihlah tempat magang yang dapat membuatmu berkembang untuk karir di masa depan.

Terutama apabila kamu merupakan mahasiswa tingkat akhir. Pengalaman magang mu bisa menjadi penunjang untuk melanjutkan karier seusai lulus kuliah.

 

Nur Fitriani

 

Aktivis Persma Ketik Polimedia

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini