Share

Manfaatkan Limbah Semangka sebagai Eye Cream, Mahasiswa UNS Raih Juara 2 LKTIN POIF XXIV Universitas Bengkulu

Natalia Bulan, Okezone · Senin 07 November 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 65 2702482 manfaatkan-limbah-semangka-sebagai-eye-cream-mahasiswa-uns-raih-juara-2-lktin-poif-xxiv-universitas-bengkulu-UMOEpeyYfL.jpeg Mahasiswa UNS raih Juara 2 LKTIN POIF XXIV Universitas Bengkulu/Istimewa

SOLO - Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional.

Mereka adalah Paulina dari Program Studi (Prodi) D-4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah Vokasi (SV), Kalimaya Qolbi Sani dan Priyanka Khansa Insyira dari Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT).

Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan KBM Universitas Bengkulu.

Kompetisi dengan tajuk Pekan Orientasi Ilmiah Fisika (POIF) XXIV PLUS 2022 berlangsung secara luring pada 20-22 Oktober 2022 di Universitas Bengkulu.

Paulina atau yang kerap disapa Olin mengusung ide pemanfaatan ekstrak citrilus lanatus sebagai eye cream untuk merelaksasikan dan mencegah penurunan penglihatan akibat gadget.

Ide tersebut dilatarbelakangi dari penggunaan gadget yang sangat signifikan oleh masyarakat. Terlebih, penggunaan gadget di masyarakat setiap tahun mengalami peningkatan.

Follow Berita Okezone di Google News

“Gadget membawa dampak positif dan negatif, salah satu dampak negatifnya pada kesehatan mata. Ketika kita menggunakan gadget berjam-jam tanpa disertai perlindungan, seperti kacamata anti radiasi, tanpa disadari sinar radiasi dari gadget dapat mempengaruhi penglihatan. Oleh karena itu, kami membuat sebuah inovasi produk, yaitu eye cream dengan memanfaatkan limbah semangka,” jelasnya, Senin (7/11/2022).

Melalui ide tersebut, Olin dan timnya berhasil meraih predikat juara 2 dari 10 tim yang lolos ke tahap final. Mereka mengaku senang saat diumumkan mendapat juara dalam kompetisi tersebut.

“Kesannya ketika diumumkan sebagai juara 2 pastinya senang karena kami bisa membawa nama baik prodi, fakultas, maupun universitas. Tidak hanya itu, kami merasa senang juga karena kerja keras mulai dari tahap penyusunan, pembuatan produk hingga presentasi mendapatkan hasil yang bagus,” tuturnya.

Mahasiswa semester lima tersebut berharap agar produk eye cream ini dapat berlanjut hingga tahap pengujian lebih lanjut.

Selain itu, mereka juga berharap dapat terus memberikan yang terbaik dan memanfaatkan waktu yang ada untuk terus berkarya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini