Share

5 Contoh Soal Ide Pokok Paragraf Serta Jawabannya, Mudah Dipelajari

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 624 2681214 5-contoh-soal-ide-pokok-paragraf-serta-jawabannya-mudah-dipelajari-ZHVX8V6kdx.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA- Ini 5 contoh soal ide pokok paragraf serta jawaban yang bisa dipelajari. Mempelajari ide pokok penting untuk mengetahui informasi dalam suatu kalimat. Diperlukan banyak latihan untuk mengetahui ide pokok dalam tulisan.

Ide pokok sendiri merupakan inti atau pokok penting dalam sebuah paragraf. Biasanya ide pokok bisa ditemukan pada bagian awal (deduktif), bagian akhir (induktif) dan keduanya (paragraf campuran).

Berikut adalah 5 contoh soal ide pokok paragraf serta jawaban yang bisa dipelajari:

-Contoh Ide Pokok Deduktif

1. Kecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi. Tercatat, sepanjang tahun 2018, sudah 12 orang meninggal karena kecelakaan mobil, terutama di jalan tol. Mengendarai mobil saat mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berakibat merugikan banyak orang. Insiden kecelakaan karena mengantuk ini bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.

Ide Pokok: Kecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi.

2. Tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian. Tenaga kerja yang pandai adalah tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya mampu menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan agar diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian adalah tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur.

Ide Pokok: tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian.

-Ide Pokok Induktif

1. Bagi warga Jakarta, membuang sampah seenaknya ke dalam sungai sudah jadi kebiasaan bahkan tradisi sejak dulu. Padahal, kebiasaan buruk ini sudah dirasakan akibatnya hampir setiap tahun. Sampah-sampah ini bisa menyebabkan aliran sungai terhambat dan akhirnya menimbulkan banjir. Tidak heran apabila banjir yang terjadi di Jakarta seringkali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

Ide Pokok: Tidak heran apabila banjir yang terjadi di Jakarta seringkali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

2. Lidah buaya adalah salah satu tanaman hias yang bisa dipelihara pada ruangan tertutup. Ada juga tanaman Monstera dan Anthurium yang tetap indah meski dibudidayakan dalam ruangan. Meski mendapatkan sedikit cahaya matahari, tanaman-tanaman hias ini tetap bisa tumbuh subur tanpa mengurangi keindahan tampilannya. Ini menjadi bukti bahwa tidak semua tanaman hias yang indah dan kaya manfaat sulit dibudidayakan di dalam ruangan.

Ide Pokok: Ini menjadi bukti bahwa tidak semua tanaman hias yang indah dan kaya manfaat sulit dibudidayakan di dalam ruangan.

- Ide Pokok Campuran

1. Gondongan termasuk penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga tidak membutuhkan antibiotik dalam pengobatannya. Penderita hanya memerlukan istirahat cukup dan nutrisi yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika perlu, boleh diberikan obat penurun panas dan anti nyeri. Penderita sebaiknya menghindari makanan asam agar tidak bertambah nyerinya. Selain itu, diberikan makanan lunak untuk memudahkan pengunyahan. Jadi, gondongan sebenarnya tidak perlu diobati karena bisa sembuh sendiri.

Ide Pokok: “Gondongan termasuk penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan” dan “Jadi, gondongan sebenarnya tidak perlu diobati karena bisa sembuh sendiri”

Demikianlah 5 contoh soal ide pokok paragraf serta jawaban. Semoga membantu dan tetaplah berlatih.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini