Share

Kembangkan Potensi Daerah, Tim KKN UNS Olah Empon-Empon Jahe Jadi Wedang Jahe Siap Minum

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Sabtu 20 Agustus 2022 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 20 65 2651094 kembangkan-potensi-daerah-tim-kkn-uns-olah-empon-empon-jahe-jadi-wedang-jahe-siap-minum-BQLU5Sj6F7.jpg Tim KKN UNS maksimalkan potensi daerah (Foto: Humas)

WONOGIRI - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan kegiatan pengolahan empon-empon jahe menjadi wedang jamu sehat. Kegiatan ini dilakukan bersama 15 anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Dusun Karang, Desa Jeblogan, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin 8 Agustus 2022 bertempat di rumah Ketua RW Dusun Karang, Muslim. Pengolahan empon-empon jahe menjadi wedang jamu sehat dilakukan karena melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) dari Dusun Karang yang kaya akan empon-empon, salah satunya yaitu jahe. Selain itu, masyarakat Dusun Karang juga belum membuat inovasi dalam mengolah empon-empon menjadi wedang jamu.

Oleh karena itu, kelompok KKN UNS mengusung program untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat Dusun Karang dengan mengolah empon-empon jahe menjadi wedang jamu dengan inovasi berupa tambahan kencur dan jeruk nipis. Wedang jamu tersebut dikemas menggunakan botol packaging yang diberi label sehingga menambah nilai jual.

Baca juga: Mahasiswa UNS Sabet Juara 2 sekaligus Medali Emas Bidang Sejarah di Ajang Memory In Cave Competition

Abdul Karim atau yang biasa disapa Abdul selaku Ketua Kelompok KKN 193 UNS menjelaskan mengenai bahan yang diperlukan untuk mengolah empon-empon jahe menjadi wedang jamu sehat. Bahan dan alat tersebut antara lain kompor gas, panci, telenan, pisau, gelas, saringan, pengaduk, botol packaging, stiker labeling, jahe, kencur, gula jawa, gula pasir, dan jeruk nipis.

Baca juga: Rektor Jamal Wiwoho Resmikan UNS Inclusion Matrics

“Pembuatan wedang jamu jahe kencur jeruk ini dipandu oleh Bu Sutini, Ibu RT Dusun Karang. Langkah pembuatannya yaitu jahe dan kencur yang telah dikupas harus dicuci terlebih dahulu. Sambil menunggu air mendidih, potong kecil-kecil gula jawa dan masukkan ke air rebusan yang sudah mendidih,” jelas Abdul dalam keterangannya, Minggu (20/8/2022).

Langkah selanjutnya yaitu potong kecil-kecil jahe dan kencur. Lalu, masukkan ke dalam air rebusan dan pada akhir, tambahkan jeruk nipis yang sudah dipotong tipis.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dyah Yuni Kurniawati S.Sn., M.Sn. mengungkapkan potensi empon-empon di Dusun Karang ini sangat melimpah. Akan tetapi, masih sedikit masyarakat yang dapat menikmati olahan seperti jamu siap minum dari empon-empon tersebut.

Wedang jamu siap minum yang dibuat bersama PKK ditampilkan dalam expo UMKM di Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Wonogiri. Expo ini diikuti oleh lima desa yang ada di Karang Tengah, meliputi Desa Temboro, Purwoharjo, Ngambarsari, Karang Tengah, dan Jeblogan. Expo UMKM ini dilaksanakan pada 17—18 Agustus 2022. Dalam acara ini, setiap desa diminta untuk menampilkan produk - produk unggulan yang ada di desa masing-masing. Salah satu produk yang ditampilkan Desa Jeblogan yaitu wedang jahe kencur jeruk siap minum yang dikemas dengan botol dan diberikan label.

"Pengolahan empon-empon jahe menjadi wedang jamu siap minum menjadi inovasi yang selanjutnya dapat dikembangkan oleh masyarakat Dusun Karang," tutup Abdul.

Baca juga: Dukung Pariwisata Kreatif, UNS Gelar Pelatihan Budidaya Lemon di Desa Segorogunung

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini