Share

Rektor Jamal Wiwoho Resmikan UNS Inclusion Matrics

Tim Okezone, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 65 2649687 rektor-jamal-wiwoho-resmikan-uns-inclusion-matrics-Fg5KRbHe6m.jpg Rektor Jamal Wiwoho resmikan UNS Inclusion Matrics (Foto : Humas UNS)

JAKARTA – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho, meresmikan UNS Inclusion Matrics. Peresmian ini diselenggarakan di pelataran Danau UNS pada Rabu (17/8/2022). Launching UNS Inclusion Marics juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Launching UNS Inclusion Matrics ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Rektor UNS. Adapun UNS Inclusion Matrics merupakan sebuah inovasi model perankingan yang dikembangkan oleh Pusat Studi Difabilitas (PSD) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS.

“UNS Inclusion Matrics ini sebagai upaya positif untuk mengukur Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia dalam mengimplementasikan kampus ramah disabilitas. Sekaligus juga mendorong PT menuju kampus inklusif yang ramah disabilitas,” ujar Prof. Jamal dalam sambutannya.

Prof. Jamal turut berharap semoga UNS dan PT di seluruh Indonesia dapat semakin nyata dalam memberikan kesempatan pemenuhan hak-hak disabilitas khususnya di bidang Pendidikan Tinggi.

“Selain untuk mengukur tingkat inklusifitas di PT, UNS Inclusion Matrics juga difungsikan untuk mengeluarkan kebijakan PT terkait pendidikan inklusi, bagaimana PT membangun budaya inklusi, mewujudkan praktik pendidikan inklusi di bidang akademik, serta mengimplementasikan hal-hal yang berkaitan dengan administratif, kemahasiswaan, dan sarana prasarana yang ramah disabilitas,” lanjut Prof. Jamal.

Ucapan selamat atas launching UNS Inclusion Matrics ini juga hadir dari Ketua Dewan Profesor UNS, Prof. Suranto Tjiptowibisono, M.Sc., Ph.D yang turut berharap semoga UNS Inclusion Matrics dapat menjadi pelopor kampus inklusi di Indonesia. Serta dapat memberikan kontribusi bermakna dalam memberikan kesempatan bagi kaum disabilitas di Indonesia.

Kemudian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa UNS Inclusion Matrics ini dapat meningkatkan inklusifitas di PT.

“Apresiasi yang tinggi kepada UNS yang telah menjadi pelopor lahirnya UNS Inclusion Matrics sebagai upaya PT dalam mewujudkan kampus inklusif yang ramah disabilitas,” tutur Muhadjir.

Selanjutnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali menyampaikan bahwa launching UNS Inclusion Matrics adalah suatu hal yang luar biasa. Zainudin Amali pun meyakini bahwa UNS akan sukses dalam melaksanakan program UNS Inclusion Matrics ini.

“Selamat dan sukses atas launching UNS Inclusion Matrics. Semoga dari launching ini dapat menjadi trigger bagi PT lainnya untuk turut serta dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas di Indonesia,” pungkas Zainudin Amali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini