Share

Dosen-Dosen Unik yang Viral, Mahasiswa Telat Disuruh Bikin Video Dance

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 03 Juli 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 65 2621017 dosen-dosen-unik-yang-viral-mahasiswa-telat-disuruh-bikin-video-dance-xb4oOW2TQF.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi membuat banyak tenaga pendidik termasuk dosen, melakukan berbagai variasi metode dalam mengajar. Ditambah dengan pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh, banyak dosen yang membuat metode pembelajaran yang unik, sehingga mahasiswa tidak jenuh menjalani kuliah.

Selain itu, banyak juga dosen yang memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran. Tak jarang, sejumlah mahasiswa juga membagikan cerita mengenai cara unik dosennya mengajar di kelas hingga viral di dunia maya. Diolah dari berbagai sumber, berikut ini dosen-dosen unik yang viral.

Dosen Wibu Beri Hukuman Bikin Video Dance

Salah satu akun TikTok milik mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menceritakan kisah dosennya yang seorang wibu atau menyukai kebudayaan Jepang. Dosen yang mengajarkan matematika ini akan memberikan hukuman bagi mahasiswa yang terlambat atau lupa absen. Hukumannya itu berupa menari ala idol Jepang.

Akun TikTok yang bernama @rambudlejen tersebut menceritakan, jika mahasiswa tidak melakukan absen, maka dosen ini akan memberi link YouTube yang berisi tarian salah satu idol Jepang. Selanjutnya mahasiswa itu harus membuat video mengikuti dance yang ada di link YouTube tersebut.

Selalu Off-Cam, Rupanya Dosen Ini Sakit

Salah satu video di TikTok yang menceritakan serba-serbi kelas online milik akun @eccediary sempat viral. Video tersebut menceritakan kisah dosen yang tidak pernah menyalakan kamera saat kelas. Rupanya, dosen tersebut tidak pernah menyalakan kamera karena sakit. Seperti terlihat dalam video itu, ada alat bantu pernapasan yang dipasang pada tubuh dosen tersebut.

Dosen ini bernama Edi Prasetyo Nugroho, seorang dosen senior Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada awal perkuliahan, Edi sudah bilang kepada mahasiswanya untuk mengambil ilmu sebanyak mungkin darinya. Akun tersebut juga menjelaskan bahwa sang dosen tidak pernah mengeluhkan soal kondisinya.

Menyuruh Mahasiswa Joget TikTok di Kelas

Sebuah unggahan video dari akun TikTok @rhaviadrimuzaqhi_, cukup menarik banyak perhatian netizen di media sosial. Pasalnya, video tersebut menampakkan ruang kelas yang heboh karena mahasiswanya joget TikTok. Dosen di kelas tersebut menyuruh mahasiswa joget TikTok untuk mengusir kejenuhan kuliah 3 SKS tersebut, ditambah pula pendingin ruangan di kelas saat itu mati.

Ketika sang dosen meminta hal tersebut, para mahasiswa langsung saja antusias dan satu orang di antaranya memimpin joget TikTok tersebut. Sementara itu, dosen yang menyuruh hanya duduk dan mengamati saja.

Jago Menggambar di Papan Tulis

Zhong Quanbin merupakan dosen asal Taiwan yang mengajar di Shude University of Science and Technology. Dosen ini viral di media sosial karena kepiawaiannya menggambar di papan tulis. Quanbin mengajarkan anatomi dengan menggambarnya secara detail di papan tulis kapur. Dengan alat seadanya, ia menggambar struktur tubuh hingga organ tubuh secara rinci.

Semenjak unggahan gambar kerangka buatan tangannya yang dia bagikan di media sosial, Zhong Quanbin mendapat banyak penawaran kerja dan penggemar, khususnya di kawasan Asia. Selain itu, siswa yang berada di kelasnya juga harus menggambar apa yang dipelajari di papan tulis.

Diolah dari berbagai sumber:

Septi Kurnia - Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini