Share

Rektor UNP Ungkap Disertasi Hasto Bisa Menjadi Literasi Lintas Generasi

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 65 2608615 rektor-unp-ungkap-disertasi-hasto-bisa-menjadi-literasi-lintas-generasi-A9cBHgeleB.jpg Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto/Antara

JAKARTA - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Profesor Ganefri, Ph.D mengatakan bahwa disertasi miliki Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bisa menjadi sumber literasi yang penting dan harus dibaca.

"Disertasi Pak Hasto adalah sebuah sumber literasi yang sangat penting dan harus dibaca, bagi lintas generasi, ketika kita mesti memahami dan menginternalisasikan bagaimana pemikiran geopolitik Soekarno dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Profesor Ganefri dikutip dari Antara, Kamis (9/6/2022).

Menurut dia, pemikiran Geopolitik Soekarno memberi warna terhadap semangat kebangsaan Indonesia, yang sampai detik ini menjadi kekuatan bagi pemimpin bangsa ini untuk terus merawat dan menjaga NKRI.

Ada unsur kebaruan (novelty) dalam disertasi Hasto.

"Disertasi ini memiliki novelty terkait dengan pemikiran geopolitik Soekarno yang selama ini belum tergali secara komprehensif.

Pemikiran Sang Proklamator 'tak akan lapuk oleh hujan dan tak lekang oleh panas'," paparnya.

Selain itu, disertasi ini juga bisa sebagai salah satu rujukan dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

"Sekaligus memberi inspirasi bagi generasi bangsa saat ini, ketika berhadapan dengan realitas atau tantangan yang dihadapi, di tengah spektrum persaingan global dan juga untuk mempertahankan keberlanjutan semangat nasionalisme," jelasnya.

Bahkan, Profesor Ganefri setuju dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan yang saat itu menguji disertasi Hasto, yang menyebut bahwa karya ilmiah tersebut bukan kaleng-kaleng.

"Benar (bukan kaleng-kaleng), ada novelty pemikiran dari Pak Hasto. Ini disertasi yang sangat bagus," kata Profesor Ganefri.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto dinyatakan lulus ujian promosi doktoral Universitas Pertahanan (Unhan).

Pria asal Yogyakarta itu meraih nilai sempurna dengan predikat Summa Cum Laude.

Dalam sidang promosi doktoral di Gedung Aula Merah Putih, Unhan, Senin (6/6/2022), Hasto berhasil mempertahankan disertasi-nya yang bertema 'Diskursus Pemikiran Politik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara'.

Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Profesor Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri pun saat itu menjadi salah satu penguji disertasi Hasto.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini