Share

Demi Lulus UTBK, Calon Mahasiswa Baru Rela Bayar Kursus Rp50 Juta

Muhammad Farhan, MNC Portal · Sabtu 28 Mei 2022 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 65 2601786 demi-lulus-utbk-calon-mahasiswa-baru-rela-bayar-kursus-rp50-juta-oPJ342FyA6.jpg UPN Veteran jadi salah satu lokasi tes UTBK 2022 (Foto: MPI/Muhammad Farhan)

JAKARTA - Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tengah menjalani tes ujian masuk guna dapat belajar di kampus impiannya, Sabtu (28/5/2022). Salah satu tempat tes yang disediakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yakni di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran), Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Arifin (19) salah satu peserta UTBK di UPN Veteran yang telah selesai mengerjakan tesnya, mengungkapkan dirinya mempersiapkan untuk lulus tes dengan mengikuti pelatihan soal UTBK via aplikasi berbasis android. Tetapi, calon mahasiswa ilmu komunikasi tersebut, mengaku salah satu sahabatnya bahkan rela merogoh kocek 50 juta untuk ikut Karantina pelatihan soal.

"Saya cuma pakai aplikasi pelatihan soal berbasis android. Salah satu teman saya itu ada yang sampai mengeluarkan uang kursus Rp50 juta supaya ikut kemah karantina selama sebulan untuk pelatihan soal UTBK," ujar Arifin kepada MNC Portal, Sabtu (28/5/2022).

Menurut Arifin, masalah lulus atau tidaknya tes masuk perguruan tinggi tersebut tidak bisa diprediksi. Arifin yang mengaku mengambil tes di tahun keduanya selepas lulus dari SMA, dulu pernah mengikuti kursus pelatihan yang sama namun masih tetap tidak lulus.

"Sedangkan salah satu teman saya pas ikut tes di tahun lalu belajarnya biasa-biasa saja, malah diterima. Sedangkan saya sudah habis-habisan ikut pelatihan tes ternyata hasilnya tidak tembus pada tahun lalu," kata Arifin yang melamar di jurusan ilmu Hukum pada setahun sebelumnya.

Di sisi lain, Harfi Zaki, salah satu peserta UTBK yang mengambil tes di sesi kedua yakni sekira pukul 12.30 WIB, mengaku tidak melakukan persiapan yang ekstra. Zaki yang terlihat gugup saat hendak mau tes, mengatakan dirinya memilih UPN Veteran Jakarta karena domisilinya dekat dengan rumah.

"Saya daftar ke UPN dan UNJ, ambil jurusan Manajemen Bisnis," imbuh Zaki.

Sebelumnya, Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) akan terbagi dua gelombang yang akan dimulai 17 Mei 2022 nanti. Waktu pelaksanaan UTBK sendiri akan terbagi antara sesi pagi dan siang secara serentak.

Perlu diketahui, UTBK SBMPTN disiapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Gelombang pertama UTBK SBMPTN 2022 akan berlangsung 17-23 Mei 2022. Sementara gelombang kedua akan dilaksanakan pada 28 Mei-3 Juni 2022. Protokol kesehatan akan diterapkan di setiap pusat UTBK agar tidak terjadi penularan virus korona pada saat ujian.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini