Share

5 Kampus Terbaik di Jepang, Bisa Jadi Pilihan Kamu Kuliah di Negeri Sakura!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 29 Mei 2022 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 65 2599340 5-kampus-terbaik-di-jepang-bisa-jadi-pilihan-kamu-kuliah-di-negeri-sakura-HspGjQc0la.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Berdasarkan peringkat Negara dengan Pendidikan Terbaik versi USNews, Jepang menduduki posisi ketujuh. Jepang memang terkenal akan kecanggihan teknologi dan menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

Semua itu tidak terlepas dari bagaimana masyarakatnya yang sangat menghargai waktu, disiplin, dan gila kerja. Sistem pendidikan mereka juga sangat baik. Berikut adalah daftar universitas terbaik di Jepang.

•University of Tokyo

University of Tokyo, dikenal juga sebagai U-Tokyo atau Todai, merupakan universitas nasional yang didirikan sejak tahun 1877. Berdasarkan pemeringkatan oleh Times Higher Education, Todai menduduki peringkat kedua sebagai Universitas Terbaik di Jepang 2022 dan peringkat ke-35 dalam World University Rankings 2022.

Terdapat tiga kampus utama yang dimiliki Todai, yakni Kampus Hongo, Komaba, dan Kashiwa. Todai juga berafiliasi dengan Rumah Sakit Universitas dan Rumah Sakit Ilmu Kedokteran. Tercatat sebanyak 25.959 mahasiswa belajar di kampus ini, dengan 3.724 merupakan mahasiswa internasional.

Beberapa jurusan yang ditawarkan di antaranya Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Politik dan Studi Internasional, Ilmu Komunikasi dan Media, Geografi, Sosiologi, Ilmu Komputer, Hukum, Biologi, Ilmu Kedokteran Hewan, Teknik, Arsitektur, dan masih banyak lagi.

•Kyoto University

Kyoto University didirikan pada tahun 1897 dengan menegakkan motto “kebebasan semangat akademik”.  Universitas Kyoto mendapatkan peringkat ke-33 dalam Universitas Terbaik Dunia Versi QS World, peringkat ke-61 Universitas Dunia versi Times Higher Education, dan peringkat ke-5 Universitas di Jepang pada tahun 2022. Universitas Kyoto banyak mencetak peneliti terbaik dunia, salah satunya peraih penghargaan Nobel pertama Jepang, Hideki Yukawa, dalam bidang Fisika.

Beberapa program studi yang ditawarkan di Universitas Kyoto sendiri diantaranya Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Manajemen, Sains, Kedoktran, Ilmu Kesehatan Manusia, Farmasi, Teknik Global, Arsitektur, Matematika, Teknik Pertanian, Ilmu Pangan dan Bioteknologi, dan lain-lain. Universitas Kyoto memiliki mahasiswa mencapai 21.817 orang.

•Osaka University

Universitas Osaka atau OU berada di Osaka, Jepang, dan memiliki tiga kampus utama di Suita, Toyonaka, dan Minoh. Universitas Osaka telah ada sejak tahun 1931. Kampus yang memiliki 22.960 mahasiswa ini menduduki peringkat ke-3 sebagai Universitas di Jepang, peringkat ke-37 Universitas Terbaik di Asia, dan posisi ke-75 Universitas Terbaik di Dunia versi QS World.

Sebanyak 9% dari mahasiswa yang belajar di OU adalah mahasiswa internasional. Bahasa utama yang digunakan dalam sistem pengajaran adalah Jepang, sementara bahasa Inggris digunakan dalam program pascasarjana. Beberapa program studi yang ditawarkan adalah Matematika, Fisika, Ilmu Bumi, Teknik Mesin, Teknik Biomedis, Teknik Listrik dan Elektro, dan Ilmu Komputer.

•Tohoku University

Universitas Tohoku terletak di Sendai, Prefektur Miyagi, Tohoku, Jepang. Universitas ini berhasil menyalip University of Tokyo sebagai universitas terbaik nomor satu di Jepang pada tahun 2022. Selain itu, Tohoku juga mendapatkan peringkat 201-250 Universitas Terbaik Dunia versi Times Higher Education, dan peringkat ke-82 Universitas Terbaik Dunia versi QS World.

Tohoku menjadi universitas kekaisaran tertua ketiga dan salah satu yang paling bergengsi di Negeri Sakura. Didirikan pada tahun 1736, Tohoku menjadi universitas pertama yang menerima mahasiswa wanita dan mahasiswa asing. Jumlah mahasiswanya mencapai 17.4019 orang dengan persentase mahasiswa internasional 12,1%.

Universitas Tohoku memiliki beberapa jurusan seperti Ekonomi dan Ekonometrika, Akuntansi dan Keuangan, Ilmu Komunikasi dan Media, Geografi, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Psikologi, dan Kedokteran.

•Waseda University

Nama universitas ini menjadi terkenal karena menjadi almamater dari influencer Jerome Polin. Dia lulus pada 26 Maret 2022 dengan gelar Bachelor of Engineering atau Sarjana Teknik, setelah menempuh pendidikan tinggi di jurusan Matematika Terapan. Universitas Waseda sendiri terletak Shinjuku, Tokyo. Universitas swasta yang didirikan pada tahun 1882 ini mendapatkan peringkat ke-10 sebagai universitas terbaik di Jepang dan peringkat ke-203 universitas terbaik di dunia versi QS World.

Universitas Waseda memiliki 50.000 mahasiswa, di mana 5.000 lebih di antaranya merupakan mahasiswa internasional. Universitas Waseda juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Adapun program studi di Universitas Waseda mencakup Humaniora, Bisnis dan Manajemen, Arsitektur dan Pembangunan, Ilmu Teknik dan Teknologi, Kesehatan dan Kedokteran, dan Seni Desain dan Kreatif.

Dilansir dari berbagai sumber:

Alifia Nur Faiza/Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini