Share

Tips Sukses Kuliah Jurusan Teknik, Kuasai Teknologi Terkini!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 24 Mei 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 65 2599337 tips-sukses-kuliah-jurusan-teknik-kuasai-teknologi-terkini-cedNqy0CXU.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan paling banyak diminati karena prospek kerja yang menjanjikan. Namun, jurusan ini juga termasuk yang tersulit, sebab mata kuliahnya memiliki banyak perhitungan, sehingga mahasiswa dituntut memiliki daya ingat mumpuni untuk menghafal materi dan rumus sulit.

Tugas-tugas yang diberikan pun terkadang sangat berat, sehingga mahasiwa teknik memang harus kuat fisik dan mental. Namun, tak perlu gentar berkuliah di jurusan teknik. Berikut tips sukses bagi mahasiswa teknik dalam menjalankan proses perkuliahan.

• Manajemen Waktu yang Baik

Pepatah mengatakan bahwa waktu adalah uang. Nah, ini tidak hanya bersifat “mencari uang” saja, namun juga diterapkan dalam kehidupan untuk tidak membuang-buang waktu pada kegiatan yang sia-sia. Mahasiswa teknik harus selalu tepat waktu dan jangan coba membolos. Ini bisa menjadi langkah awal demi menumbuhkan sikap disiplin waktu.

Selain itu, atur segala kegiatan agar memiliki cukup waktu untuk istirahat dan mengulang kembali materi atau catatan dari dosen, serta mengerjakan tugas-tugas. Jangan terbiasa menggunakan “sistem kebut semalam” karena mata kuliah teknik tidak secara ajaib bisa dikuasai dalam satu malam saja.

• Jangan Menunda Tugas

Masih berkesinambungkan dengan tips sebelumnya, mahasiswa teknik jangan sampai menunda mengerjakan tugas yang telah diberikan. Tugas di jurusan teknik terkenal dengan tingkat kesulitan yang tinggi, bahkan tugas besar baru bisa diselesaikan selama satu bulan lebih hingga satu semester.

Untuk itu, jangan pernah menumpuk tugas karena bisa membuat kepala meledak. Kerjakan tugas-tugas yang paling mudah supaya tugas besar bisa diselesaikan dengan lebih leluasa.

• Menguasai Teknologi Terkini

Jurusan teknik dikenal sering kali bersentuhan pekerjaan yang membutuhkan perangkat atau teknologi, seperti Teknik Komputer dan Teknik Informatika yang menggunakan software koding atau Arsitektur dan Sipil yang memanfaatkan aplikasi AutoCAD untuk membuat desain bangunan.

Karena itu, mahasiswa teknik harus berlatih dengan teknologi yang mereka butuhkan. Kalau perlu, menguasai lagi software yang baru di-update supaya kemampuan yang dimiliki lebih mutakhir.

• Aktif dalam Kegiatan Diskusi dengan Teman, Senior, atau Dosen

Teknik terdiri dari permasalahan yang tidak bisa dipecahkan seorang diri. Karena itulah, usahakan memiliki teman-teman yang bisa diajak berdiskusi tentang materi atau tugas kuliah. Bila perlu, lakukan tukar pikiran dengan senior yang sudah lebih paham, dan jangan malu bertanya pada dosen apabila ada sesuatu yang tidak dimengerti.

• Mengikuti Kegiatan Praktik Industri/Magang/Pelatihan

Materi saja tidak cukup bagi seorang mahasiswa teknik. Dibutuhkan terjun langsung ke lapangan kerja, supaya gambaran dari permasalahan dan teori yang selama ini diajarkan di kelas bisa dilihat secara jelas di depan mata. Semakin banyak pengalaman dalam industri, maka semakin siap mahasiswa tersebut untuk bergelut dengan serangkaian profesi.

Kampus tentu saja memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan praktik dalam mata kuliah magang. Namun, jika berkenan, lakukan kegiatan praktik ini tidak hanya saat mata kuliahnya saja, tapi lakukan juga bila ada waktu luang. Selain itu, pelatihan juga sangat membantu untuk menambah wawasan dan daftar pengalaman dalam curriculum vitae (CV).

Dilansir dari berbagai sumber:

Alifia Nur Faiza/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini