Share

4 Tokoh yang Terbukti Sukses Meski Salah Jurusan, dari Bill Gates hingga Steve Jobs!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 30 April 2022 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 65 2585482 4-tokoh-yang-terbukti-sukses-meski-salah-jurusan-dari-bill-gates-hingga-steve-jobs-Fx9wEbv5QL.jpg Bill Gates. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Memilih jurusan kuliah bukan hal yang mudah. Perlu pertimbangan yang matang, mulai dari minat hingga peluang kerjanya. Namun sayangnya, banyak para mahasiswa yang ternyata salah masuk jurusan ketika sudah menjalani kuliah.

Akan tetapi, walaupun salah jurusan pada saat kuliah, ada sejumlah tokoh yang justru meraih sukses. Tokoh-tokoh berikut ini terbukti sukses meski salah jurusan.

Bill Gates

Bill Gates sama sekali tidak mengambil jurusan komputer ketika kuliah. Ketika kuliah, pendiri Microsoft ini memilih jurusan hukum. Pada tahun keduanya kuliah di Harvard University, Amerika Serikat, Bill Gates memutuskan untuk keluar dari kampus bergengsi tersebut, yaitu pada 1975. Setelah keluar dari Harvard, ia memutuskan untuk fokus mendirikan Microsoft. Seiring berjalannya waktu, Microsoft terus mengalami perkembangan. Kekayaan Bill Gates, menurut data Forbes tahun ini, berada di kisaran USD132,3 miliar atau setara dengan lebih dari Rp1.900 triliun.

Ralph Lauren

Ralph Lauren merupakan fashion designer asal Amerika. Ia pernah berkuliah di Baruch College, Amerika Serikat dengan mengambil jurusan bisnis. Namun, Lauren memutuskan untuk keluar dari kampus tersebut. Kemudian, ia justru bekerja di pabrik pembuatan dasi. Akhirnya Lauren pun mendirikan perusahaannya sendiri, yaitu Ralph Lauren Corporation serta menjadi perancang busana.

Steve Jobs

Steve Jobs adalah pendiri Apple. Keluar dari jurusan seni Reed College, Amerika Serikat membuatnya bermimpi dengan merilis produk Apple. Mimpi Steve Jobs ini pun menjadi kenyataan. Jurusan yang diambilnya ketika kuliah bahkan keluar dari kampus ini ternyata dapat membawanya menjadi orang yang sukses di bidang teknologi.

Chairul Tanjung

Ketika kuliah, Chairul Tanjung tidak mengambil jurusan bisnis, melainkan jurusan kedokteran gigi di Universitas Indonesia. Saat menjalani kuliah ini, ia menemukannya minatnya di bidang bisnis. Chairul Tanjung suka berjualan guna membiayai kuliahnya. Ia kemudian membuka sejumlah bisnis. Saat ini, perusahaan besar seperti Trans TV hingga Bank Mega yang tergabung dalam CT Corp adalah bukti kesuksesan Chairul Tandjung.

Diolah dari berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini