Share

4 Perpustakaan Terbaik di Indonesia, dari Perpusnas hingga UI

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 24 April 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 65 2582105 4-perpustakaan-terbaik-di-indonesia-dari-perpusnas-hingga-ui-zIOA1kAPXa.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Budaya membaca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Menurut data UNESCO, tingkat literasi masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Hal itu menandakan, dari seribu warga Indonesia, hanya 1 orang yang menyukai membaca.

Padahal, fasilitas membaca yang dimiliki Indonesia terbilang memadai. Terbukti dari jutaan koleksi buku yang ada di perpustakaan-perpustakaan di berbagai daerah. Berikut adalah 4 perpustakaan terbaik di Indonesia dan bisa menjadi rujukan tempat guna menambah semangat membaca.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) adalah perpustakaan terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah. Perpusnas terletak di Jalan Merdeka Selatan, yang merupakan gedung baru dan diresmikan pada tahun 2017.

Sementara, gedung lama Perpusnas berada di Jalan Salemba Raya, Jakarta. Gedung baru Perpusnas memiliki 27 lantai dan 1 lantai basement. Dengan tinggi bangunan mencapai 126,3 meter, gedung Perpusnas ini disebut sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia.

Melansir laman resminya, Perpusnas didirikan pada 1989 berlandaskan Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 1989. Kini koleksi buku di Perpusnas mencapai 5 juta judul, dengan 2 miliar artikel, dan 27 ribu buku digital yang dapat diakses oleh masyarakat.

Perpusnas juga mempunyai koleksi naskah kuno, seperti La Galigo. Untuk menikmati berbagai koleksinya, Perpusnas menyediakan tempat membaca yang nyaman dan layanan digital yang memdudahkan pencarian.

Perpustakaan Universitas Indonesia

Perpustakaan selanjutnya yang masuk dalam daftar perpustakaan terbaik di Indonesia adalah perpustakaan Universitas Indonesia yang ada di Kampus UI, Depok, Jawa Barat. Perpustakaan UI sudah sangat terkenal sebagai tempat mencari dan membaca buku yang nyaman. Menurut data yang ada pada laman resminya, terdapat setidaknya 1,5 koleksi buku yang dimiliki perpustakaan ini.

Gedung perpustakaan yang diberi nama “The Crystal of Knowledge” ini dibangun pada 2010 dan selesai di awal tahun 2011. Dengan luas bangunan 28.900 meter persegi, gedung ini dapat menampung 10.000 pengunjung per hari. Selain memiliki area terbuka yang menjadi ruang sosial, di sekitar perpustakaan juga terdapat kedai kopi dan gym yang mudah diakses.

Microlibrary Bandung

Jika berkunjung ke Bandung, sempatkan untuk mampir dan menikmati sensasi membaca di Microlibrary. Lokasinya di Taman Bima, Cicendo, Bandung. Uniknya, perpustakaan ini terbuat dari 2 ribu ember bekas es krim. Perpustakaan ini resmi beroperasi pada Juli 2016 dan langsung menjadi lokasi favorit masyarakat.

Tempat yang juga disebut perpustakaan ember ini menyediakan koleksi buku hingga 1.767 judul. Meskipun jumlah bukunya tergolong sedikit, tetap saja Microlibrary memiliki magnet tersendiri bagi masyarakat.

Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta

Perpustakaan ini merupakan Balai Layanan Perpustakaan milik Pemprov DIY dan berada di gedung Grhatama Pustaka, Yogyakarta. Mengutip laman Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, gedung ini berdiri sangat megah dan merupakan perpaduan antara bangunan tradisional dan modern.

Masyarakat yang datang dipastikan bisa membaca buku dengan fasilitas nyaman dan superlengkap. Adapun koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta adalah 180 ribu judul buku dan sekitar 8 ribu naskah kuno.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini